Analisis cash holding, ukuran perusahaan dan nilai saham terhadap praktik income smoothing pada perusahaan BUMN Go Public sektor farmasi yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022

Ainiyatiz Zahroh, Qurotul (2023) Analisis cash holding, ukuran perusahaan dan nilai saham terhadap praktik income smoothing pada perusahaan BUMN Go Public sektor farmasi yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI QUROTUL AINIYATIZ ZAHROH - Copy.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI QUROTUL AINIYATIZ ZAHROH - Copy.pdf

Download (3MB)

Abstract

Persaingan dalam bisnis yang semakin erat memotivasi manajemen perusahaan menjadi lebih unggul, terutama perusahaan yang sudah go public. Sehingga, pihak manajemen perusahaan berusaha menunjukkan kinerja yang baik dari perusahaannya. Upaya tersebut dilakukan agar mampu menarik minat pasar yaitu para investor dan pemerintah. Sehingga pihak manajemen cenderung melakukan praktik income smoothing untuk keperluan pribadi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah cash holding berpengaruh terhadap praktik income smoothing pada perusahaan BUMN go public sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022?. 2) Apakah ukuran perusahaan berpengaruh terhadap praktik income smoothing pada perusahaan BUMN go public sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022?. 3) Apakah nilai saham berpengaruh terhadap praktik income smoothing pada perusahaan BUMN go public sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022?
Tujuan penelitian adalah : 1) Untuk menganalisis pengaruh cash holding terhadap praktik income smoothing pada perusahaan BUMN go public sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022. 2) Untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan terhadap praktik income smoothing pada perusahaan BUMN go public sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022. 3) Untuk menganalisis pengaruh nilai saham terhadap praktik income smoothing pada perusahaan BUMN go public sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantatif dengan jenis penelitian asosiasif. Peroleh sampel sebanyak 2 perusahaan yang diambil dengan teknik purposive sampling. Dengan menggunakan laporan keuangan triwulan dari tahun 2018-2022. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda dengan alat EViews 12.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) cash holding tidak berpengaruh terhadap praktik income smoothing. 2) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap praktik income smoothing. 3) nilai saham tidak berpengaruh terhadap praktik income smoothing. 4) cash holding, ukuran perusahaan dan nilai saham tidak berpengaruh secara simultan terhadap praktik income smoothing pada perusahaan BUMN go public sektor farmasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010401 Applied Statistics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs Qurotul Ainiyatiz Zahroh
Date Deposited: 10 May 2023 08:05
Last Modified: 10 May 2023 08:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23361

Actions (login required)

View Item View Item