Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

Reza, Mohammad Danial (2020) Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Danial Reza_T20151204.pdf

Download (4MB)

Abstract

Keberhasilan suatu pembelajaran tidak lepas dari peran guru sebagai seorang pendidik di lingkungan madrasah. Dalam proses pembelajarannya, guru dituntut untuk mampu memiliki kemampuan memotivasi siswanya agar tercipta suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Dalam menyampaikan materi guru juga harus dapat memberikan motivasi kepada peserta didik agar peserta didik bangga atas apa yang dipelajarinya. Peran guru sangat besar dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini meliputi: 1) bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember tahun pelajaran 2019/2020?; 2) apa kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember tahun pelajaran 2019/2020? Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penentuan subjek menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpuan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut:1) Peran guru sebagai motivasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember ditunjukan dengan adanya guru sebagai motivator, pengarah dan fasilitator. Selain itu, guru harus berusaha a) Memberikan contoh yang baik, b) Mendorong motivasi belajar siswa, c) Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, d) Mengembangkan kemampuan peserta didik. Bentuk-bentuk motivator yang diberikan oleh guru antara lain pemberian nilai, pemberian pujian, dan kerja sama yang baik antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. 2) Kendala yang dihadapi guru pada pembelajaran Akidah Akhlak terdapat kendala dari faktor intern siswa seperti: adanya minat peserta didik dan tingkat pemahaman. Sementara itu, Faktor ekstern siswa yaitu pengaruh pergaulan siswa, lingkungan yang kondusif serta keluarga yang harmonis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 May 2023 07:31
Last Modified: 10 May 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23380

Actions (login required)

View Item View Item