Rohmatullah, Mohammad Naja (2021) “Motivasi Belajar Siswa Broken Home pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPI An-Nur Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mohammad Naja Rohmatullah_T20171308.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Siswa Broken Home, Pendidikan Agama Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena anak korban broken home yang mendapatkan stigma negatif dari masyarakat bahwa tidak memiliki karakter yang baik dan lebih cenderung bersifat negatif. Demikian juga dalam ranah pendidikan dampak dari keluarga broken home menjadikan siswa tidak memiliki motivasi belajar yang kuat. Berdasarkan observasi bahwa di SMPI An-Nur Rambipuji Jember terdapat siswa-siswi dengan latar belakang broken Home. Fokus penelitian yang diteliti di dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Motivatsi belajar siswa broken home pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPI AN-Nur Rambipuji Jember? 2) Bagaimana Faktor yang mempengaruhi motivatsi belajar siswa broken home pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPI AN-Nur Rambipuji Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan Motivasi Belajar Siswa Broken Home pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPI AN-Nur Rambipuji Jember. 2) Mendeskripsikan Faktor yang mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Broken Home pada Mata Pelajaran Pendidikan Agana Islam di SMPI AN-Nur Rambipuji Jember. Untuk mengindentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur, observasi, dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teori Miles dan Huberman. Untuk membuktikan keabsahan data menggunakan teknis triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Motivasi siswa-siswi broken home di SMPI An-Nur Rambipuji Jember memiliki tingkat motivasi belajar yang cukup kuat. Berdasarkan analisis data menyatakan bahwa Fatima dan Nafisa memiliki motivasi belajar yang kuat, Bambang memiliki motivasi belajar yang sedang, dan Zainal rendah. Bentuk-bentuk motivasi di sekolah sebagai berikut: a. Tantangan, b. Hadiah, dan c. Hukuman. 2) Pengaruh motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor, yakni intrinsik dan ekstrinsik sebagai berikut: a. Intrinsik a) Keinginan untuk berprestasi b) Membanggakan orangtua c) Meraih cita-cita b.Ekstrinsik a) Kondisi keluarga b) Peran pengajar c) Kondisi lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 10 May 2023 08:04 |
Last Modified: | 10 May 2023 08:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23385 |
Actions (login required)
View Item |