Pramiswari, Tiyah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTS AL-AMIEN AMBULU JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI TIYAH PRAMISWARI(T20197065)_compressed.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Tiyah Pramiswari, 2023: Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII MTs Al-Amien Ambulu Jember
Kata Kunci : Discovery Learning, Saintifik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Aritmatika Sosial.
Dalam proses pembelajaran, guru cenderung memegang kendali proses pembelajaran secara aktif, sementara siswa pasif dan hanya menerima serta mengikuti apa yang disajikan oleh guru. Hal tersebut juga dialami oleh siswa MTs Al-Amien Jember, akibatnya kemampuan pemecahan masalah matematis mereka tergolong rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penerapan pembelajaran discovery learning dengan pendekatan pada siswa kelas VII MTs Al-Amien Jember.
Tujuan penelitian ini yakni 1) Untuk mengetahui pelaksanaan model discovery learning dengan pendekatan saintifik pada materi aritmatika sosial. 2) Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol setelah pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik materi aritmatika sosial. 3) Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen setelah pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik materi aritmatika sosial. 4) Untuk mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis eksperimen, dengan bentuk Quasi Eksperimental Design dan Pola Postest Only Design. Populasi penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VII MTs Al-Amien Jember, teknik sampel yakni Cluster Random sampling dengan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, angket. Instrument penelitian meliputi lembar observasi, pedoman wawancara, tes, RPP, LKPD, serta angket, kemudian untuk analisis data yang digunakan yakni uji validitas instrumen, uji normalitas, uji homogenitas dan uji T.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa tertarik belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik. 2) Posttest kelas kontrol diperoleh nilai maksimum 100, nilai minimum 70, skor rata-rata 82,43, standar deviasi 9,623, serta termasuk ke dalam kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi. 3) Posttest kelas eksperimen diperoleh nilai maksimum 100, nilai minimum 72, skor rata-rata 90,60, standar deviasi 7,824, serta termasuk ke dalam kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi. 4) Berdasarkan hasil uji-t dapat dilihat bahwa didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001, maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010201 Approximation Theory and Asymptotic Methods 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010207 Theoretical and Applied Mechanics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Tiyah Pramiswari |
Date Deposited: | 11 May 2023 08:59 |
Last Modified: | 11 May 2023 08:59 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23390 |
Actions (login required)
View Item |