Efisiensi Biaya dengan Pola Gotong Royong pada Usaha Tani Tembakau di Desa Lebeng Barat Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep Madura.

Syarif, Muh Syamsus (2021) Efisiensi Biaya dengan Pola Gotong Royong pada Usaha Tani Tembakau di Desa Lebeng Barat Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep Madura. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muh. Syamsus Syarif_E20172115.pdf

Download (4MB)

Abstract

Usaha tani adalah pengelolahan sumber daya alam, tenaga kerja, permodalan, dan skill lainnya untuk menghasilkan suatu produk pertanian secara efektif dan efisien. Keberhasilan suatu usaha tani dapat dilihat dari kemampuan memberikan pendapatan yang tinggi. Pendapatan yang diterima mampu mencukupi keseluruhan biaya yang dikeluarkan oleh petani itu minimal berada dalam keadaan yang lebih baik dari semula. Berdasarkan pemaparan latar belakang masalah di atas, maka penulis merumuskan beberapa permasalahan yang menarik untuk dikaji dan dianalisis, diantaranya : 1) Bagaimana pola gotong royong pada usaha tani tembakau di Desa Lebeng Barat Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep Madura?, 2) Bagaimana efisiensi biaya dengan pola gotong royong pada usaha tani tembakau di Desa Lebeng Barat Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep Madura? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik Snowball. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang didapatkan adalah 1) Pola gotong royong pada usaha tani tembakau di Desa Lebeng Barat Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep Madura, kebiasaan pola gotong royong ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat petani, karena pola gotong royong ini sudah dilakukan sejak orang tua bahkan kakek dan nenek petani di Desa Lebeng Barat. Di mana pola gotong royong yang digunakan ialah saling membantu satu sama lain sesama petani secara bergantian, dari mulai penggarapan lahan sawah atau tanah, penanaman bibit tembaku, pemeliharaan lahan pertanian tembakau, pemanenan daun tembakau, pemotongan daun tembakau dan pengeringan daun tembakauhingga tembakau siap dijual kepemasok atau gudang. 2) Efisiensi biaya dengan pola gotong royong pada usaha tani tembakau di Desa Lebeng Barat di mana dengan adanya pola gotong royong efisiensi biaya dapat tercapai, dengan adanya pola gotong royong para petani lebih efisien dalam segi biaya dari mulai biaya penggarapan sawah, biaya penanaman bibit tembakau, biaya pemanenan daun tembakau, biaya pemotongan, dan biaya penjemuran tidak perlu menyewa jasa orang lain. Kata Kunci : Efisiensi, Biaya, Gotong Royong

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 May 2023 04:04
Last Modified: 11 May 2023 04:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23405

Actions (login required)

View Item View Item