Maulana, Muhammad Fani (2021) Sinergitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pengembangan Profesionalisme Guru Di SMA Al Kautsar, Sumbersari, Srono, Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Muhammad Fani Maulana_T20173029.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengembangan Profesionalisme Guru Kepemimpinan merupakan bagian terpenting dalam manajemen, tetapi tidak sama dengan manajemen. Kepemimpinan merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar bekerja sama dalam mencapai tujuan dan sasaran. Kemampuan mempengaruhi orang lain kearah tujuan tertentu yang telah ditentukan meruapakn bagian dari indikator seseorang dalam memimpin. Kepala sekolah terdiri dari dua kata kepala dan sekolah, kepala dapat berarti ketua atau pimpinan dalam suatu organisasi atau sebuah lembaga. Sedangkan sekolah adalah sebuah lembaga dimana menjadi tempat menerima dan memberikan pelajaran. Jadi kepala sekolah adalah guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah serta memilki beberapa keterampilan diantaranya keterampilan teknis, hubungan kemanusiaan, dan keterampilan konseptual. Berdasarkan definisi diatas maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah adalah proses yang dilakukan kepala sekolah untuk mempengaruhi guru-guru serta staf tata usaha agar bekerja mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditentukan secara efektif dan efisien Pengembangan profesi guru didefinisikan sebagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan taraf atau derajat profesi seorang guru yang menyangkut kemampuan guru, baik penguasaan materi ajar atau penguasaan metodologi pengajaran, serta sikap keprofesionalan guru menyangkut motivasi dalam menjalankan tugas sebagai guru baik dari segi skill dan sikapnya terhadap peserta didik. Fokus penelitian : 1) Bagaimana sinergitas kepemimpinan kepala sekolah di SMA Al-Kautsar Sumbersari, Srono, Banyuwangi? 2) Bagaimana pengembangan profesionalisme guru di SMA Al-kautsar, Sumbersari, Srono, Banyuwangi?. Tujuan penelitian : 1) Untuk mendeskripsikan sinergitas kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru di SMA Al-Kautsar, Sumbersari, Srono, Banyuwangi, 2) Untuk mendeskripsikan pengembangan profesionalisme guru di SMA Al-Kautsar, Sumbersari, Srono, Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan sumber data atau subjek penelitian dilakukan dengan teknik triangulasi (gabungan). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu mengggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang akan digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, triangulasi waktu. digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id ix Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Sinergitas kepemimpinan kepala sekolah di SMA Al-Kautsar Sumbersari, Srono, Banyuwangi meliputi : a) Sebagai manajer, b) Sebagai administrator pendidikan, c) Sebagai supervisor pendidikan. 2) Pengembangan profesionalisme guru di SMA Al-Kautsar Sumbersari, Srono, Banyuwangi meliputi: a) Mengikutsertakan guru-guru mapel dalam MGMP, b) Mengikutsertakan guru-guru program pelatihan dan seminar, c) Mengikuti workshop, d) Melakukan studi banding ke sekolah lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 11 May 2023 04:03 |
Last Modified: | 11 May 2023 04:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23424 |
Actions (login required)
View Item |