Mahfid, Muhammad (2020) Program Klinik Membaca di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Muhammad Mahfid_T20154010.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Membaca, Program Klinik Membaca. Membaca merupakan salah satu langkah yang sangat menentukan berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar yang diharapkan dan faktor terpenting dalam sebuah pembelajaran dikarenakan disetiap buku pelajaran di sekolah dasar atau madrasah ibtida’iyah di kelas 1 sudah terdapat cerita bergambar dan sebuah tulisan. Tetapi masih banyak peserta didik yang belum bisa membaca. Guru mempunyai peran penting dalam mengembangkan kemampuan membaca peserta didik. Hal ini sebagaimana yang sudah dilakukan oleh guru di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 1 Bondowoso dengan mengadakan Program Klinik Membaca yang dilakukan secara intensif. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan Program Klinik Membaca di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bondowoso; 2) Apa faktor penghambat Program Klinik Membaca di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bondowoso; 3) Bagaimana evaluasi Program Klinik Membaca di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bondowoso. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan, faktor penghambat, dan evaluasi Program Klinik Membaca di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bondowoso. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Menentukan subyek penelitian menggunakan metode purposive. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengukur keabsahan datanya peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik Adapun hasil dari penelitian ini yaitu; 1) Pelaksanaan Program Klinik Membaca di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bondowoso antara lain yaitu: a) Dilaksanakan hari Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis; b) Dimulai pukul 06.30 sampai dengan 07.00; c) Peserta didik dipanggil satu persatu maju ke meja guru; d) Peserta didik kemudian belajar membaca kata yang ditinjuk oleh guru; e) Peserta didik yang menunggu giliran membaca diberi tugas menulis. 2) Faktor pengahambat pelaksanaan Program Klinik Membaca di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 1 Bondowoso sebagai berikut: a) Kurangnya kesadaran peserta didik untuk datang lebih awal; b) Masih banyaknya peserta didik yang datang terlambat; c) Kurangnya kemampuan orang tua peserta didik dalam mendampingi putra/ putrinya belajar di rumah. 3) Evaluasi Program Klinik Membaca di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 1 Bondowoso sebagai berikut: a) Evaluasi dilakukan dengan cara mengamati kemampuan peserta didik ketika membaca setiap harinya; b) Ketika peserta didik sudah lancar membaca, dinaikkan jilid membacanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 11 May 2023 04:01 |
Last Modified: | 11 May 2023 04:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23431 |
Actions (login required)
View Item |