Internalisasi Nilai-nilai Ajaran Islam dalam Ekstrakurikuler Hadrah Karawitan (Kolaborasi) di SMA Bima Ambulu Jember

Fadilah, Fani (2023) Internalisasi Nilai-nilai Ajaran Islam dalam Ekstrakurikuler Hadrah Karawitan (Kolaborasi) di SMA Bima Ambulu Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fani Fadilah_T20191224.pdf

Download (3MB)

Abstract

SMA Bima Ambulu adalah lembaga pendidikan swasta, bukan lembaga
pendidikan berbasis Pondok Pesantren, sehingga penanaman dan
Penginternalisasian nilai-nilai ajaran Islam hanya terbatas pada kegiatan
Pembelajaran di kelas yaitu pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dengan
adanya hal tersebut SMA Bima menciptakan ekstrakurikuler hadrah karawitan
(kolaborasi) sebagai salah satu media penginternalisasian nilai-nilai ajaran Islam.
Ekstrakurikuler ini tidak hanya sebagai penunjang kreativitas siswa dan
menampilkan kesan berbeda kepada masyarakat namun juga sebagai sarana
penginternalisasian nilai-nilai ajaran Islam. Ha ini berhasil dan terbukti dengan
anak ekstrakurikuler yang memiliki kesadaran tinggi terhadap hal-hal islami serta
kepribadiannya dan akhlaknya dalam sehari-hari dinilai menjadi lebih baik.
Fokus penelitian skripsi ini: 1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai ajaran
Islam akidah dalam ekstrakurikuler hadrah karawitan (kolaborasi) di SMA Bima
Ambulu Jember?, 2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai ajaran Islam syariah dalam
ekstrakurikuler hadrah karawitan (kolaborasi) di SMA Bima Ambulu Jember?, 3)
Bagaimana internalisasi nilai-nilai ajaran Islam akhlak dalam ekstrakurikuler
hadrah karawitan (kolaborasi) di SMA Bima Ambulu Jember?.
Tujuan penelitiannya: 1) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai
ajaran Islam akidah dalam ekstrakurikuler hadrah karawitan (kolaborasi) di SMA
Bima Ambulu Jember, 2) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai ajaran
Islam syariah dalam ekstrakurikuler hadrah karawitan (kolaborasi) di SMA Bima
Ambulu Jember, 3) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai ajaran Islam
akhlak dalam ekstrakurikuler hadrah karawitan (kolaborasi) di SMA Bima Ambulu
Jember.
Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan model
interaktif Milles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
dan teknik.
Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa 1) Internalisasi nilai-nilai ajaran
Islam akidah dalam ektrakurikuler hadrah karawitan (kolaborasi) yaitu dari makna
lagu jawa yang di bawakan serta melalui kegiatan tahlil dan doa bersama yang
dilakukan secara kondisional, 2) Internalisasi nilai-nilai ajaran Islam syariah dalam
ekstrakurikuler hadrah karawitan (kolaborasi) yaitu melalui pembiasaan untuk
melakukan sholat berjamaah setelah latihan, 3) Internalisasi nilai-nilai ajaran Islam
akhlak dalam ekstrakurikuler hadrah karawitan (kolaborasi) yaitu melalui ceramah
atau nasihat, outbound dan infaq ramadhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mrs Fani Fadilah
Date Deposited: 23 May 2023 02:34
Last Modified: 23 May 2023 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23444

Actions (login required)

View Item View Item