Himmah, Nafidha Faiqotul (2021) UPAYA GURU IPA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTs ROUDLOTUL MUTA’ALLIMIN SIMBAR BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nafidha Faiqotul Himmah_T201710051.pdf Download (10MB) |
Abstract
Nafidha Faiqotul Himmah, 2021: Upaya Guru IPA Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Selama Masa Pandemi COVID-19 Di MTs Roudlotul Muta’allimin Simbar Banyuwangi. Kata kunci: upaya guru, kesulitan belajar, IPA kelas VIII, pandemi COVID-19. Studi pendahuluan yang peneliti lakukan di MTs Roudlotul Muta’allimin telah menemukan masalah berupa adanya kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA selama masa pandemi COVID-19. Hal ini karena pada masa pandemi kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring, sehingga guru dengan siswa tidak bisa bertemu secara langsung. Solusi yang tepat untuk masalah ini ialah dengan melakukan pembelajaran tatap muka terbatas. Pemilihan MTs Roudlotul Muta’allimin ini karena sekolah berada di wilayah yang terdampak COVID-19 dan berada di wilayah dengan akses internet yang minim. Namun, sekolah ini sering mendapat juara salah satunya juara II dan III tingkat Kabupaten dalam ajang KSM (Kompetensi Sains Madrasah) tahun 2014, dan pernah mewakili Banyuwangi dalam KSM tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2016. Fokus penelitian ini ialah bagaimana faktor penyebab timbulnya kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII selama pandemi COVID-19 di MTs Roudlotul Muta’allimin dan bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII selama masa pandemi COVID-19 di MTs Roudlotul Muta’allimin. Tujuan penelitian ini ialah, pertama untuk mengetahui faktor-faktor penyebab timbulnya kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII selama masa pandemi COVID-19 di MTs Roudlotul Muta’allimin Simbar Banyuwangi, kedua untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII selama masa pandemi COVID-19 di MTs Roudlotul Muta’allimin Simbar Banyuwangi. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Adapun pendekatan yang dilakukan ialah pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan sistem triangulasi, triangulasi yang digunakan ialah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor yang menyebabkan timbulnya kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII selama pandemi COVID-19 di MTs Roudlotul Muta’allimin ialah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari intelegensi, keletihan fisik siswa, kurangnya minat belajar siswa, kurangnya motivasi belajar siswa. Faktor eksternal terdiri dari lingkungan tempat tinggal yang minim sinyal, lingkungan sekolah (ruang kelas, waktu sekolah), lingkungan keluarga. (2) upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII selama masa pandemi COVID-19 ialah melakukan diagnosis kesulitan belajar, melakukan pembelajaran tatap muka secara bergantian, membangun hubungan komunikasi yang baik, penggunaan metode dan media pembelajaran yang tepat, dan memberikan nilai tambahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 11 May 2023 08:45 |
Last Modified: | 11 May 2023 08:45 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23462 |
Actions (login required)
View Item |