PENERAPAN PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADIS DENGAN METODE MIND MAPPING DI MADRASAH WAHID HASYIM JENGGAWAH

Akvilni Aziz, Reynita (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADIS DENGAN METODE MIND MAPPING DI MADRASAH WAHID HASYIM JENGGAWAH. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
WATERMARK REYNITA AKVILNI AZIZ.pdf

Download (2MB)

Abstract

Reynita Akvilni Aziz, 2022 “Penerapan Pembelajaran Alquran Hadis dengan Metode Mind Mapping di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Jenggawah”
Metode Mind Mapping dalam pembelajaran Alquran Hadis, dapat memudahkan kemampuan peserta didik untuk mengingat sesuatu lebih utuh dan detail. Memudahkan peserta didik dalam berkonsentrasi, imajinasi dan memori, kegiatan belajar lebih menyenangkan, kreatif dan inovatif, yang memiliki urgensi bagi perkembangan peserta didik terutama sebagai acuan dalam berfikir keseharian sesuai dengan tuntunan Alquran dan Hadis. MTs Wahid Hasyim Jenggawah dengan menciptakan inovasi baru yaitu menerapkan metode Mind Mapping dalam pembelajaran Alquran Hadis sehingga peserta didik lebih aktif serta prestasi dan hasil belajar menjadi lebih baik.
Adapun fokus penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran alquran hadis dengan metode mind mapping di madrasah tsanawiyah wahid hasyim jenggawah? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran alquran hadis dengan metode mind mapping di madrasah tsanawiyah wahid hasyim jenggawah? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran alquran hadis dengan metode mind mapping di madrasah tsanawiyah wahid hasyim jenggawah?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dipilih dengan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaksi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Berdasarkan hasil analisis data, peneliti dapat menyimpulkan bahwa Perencanaan penerapan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Jenggawah dilakukan oleh guru dengan menyiapkan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan menyiapkan bahan seperti kertas, spidol, penggaris dan materi yang akan diajarkan. Pelaksanaan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Jenggawah guru menggunakan tiga tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Evaluasi Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Jenggawah guru melakukan dua jenis evaluasi, yaitu evaluasi formatif seperti tes tulis ulangan harian dan tes lisan disaat presentasi kelompok dan sumatif seperti ulangan akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Depositing User: Mrs. Reynita Akvil
Date Deposited: 15 May 2023 02:54
Last Modified: 15 May 2023 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23471

Actions (login required)

View Item View Item