MAJELIS TAKLIM DAN SHOLAWAT IRSSAT DI KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER TAHUN 1994-2022

Nurhasanah, Hilda Sovi (2023) MAJELIS TAKLIM DAN SHOLAWAT IRSSAT DI KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER TAHUN 1994-2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI HILDA SOVI NURHASANAH U20194063 SPI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hilda Sovi Nurhasanah. 2023. Majelis Taklim dan Sholawat IRSSAT di Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 1994-2022

Majelis Taklim adalah suatu tempat pengajaran maupun pengajian bagi orang-orang yang ingin mendalami ajaran agama Islam. Berdasarkan sejarahnya, majelis taklim telah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW yang kemudian berkembang menjadi sarana yang paling efektif dalam upaya memperkenalkan sekaligus mensyiarkan ajaran agama Islam kepada masyarakat. Oleh sebab itu, eksistensi majelis taklim hingga saat ini masih tetap ada. Salah satu majelis yang saat ini masih eksis di tengah masyarakat adalah Majelis Taklim dan Sholawat IRSSAT yang berada di perbatasan Desa Kasiyan Timur dan Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Sejak awal berdiri hingga saat ini, majelis tersebut telah memberikan peran nyata dan bermanfaat bagi masyarakat.
Fokus dalam penelitian ini ada dua yaitu: (1) Bagaimana perkembangan Majelis Taklim dan Sholawat IRSSAT di Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 1994-2022? (2) Bagaimana peran Majelis Taklim dan Sholawat IRSSAT bagi masyarakat di Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 1994-2022?
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan Majelis Taklim dan Sholawat IRSSAT di Kecamatan Puger Kabupaten Jember dari tahun 1994 sampai tahun 2022. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai peran Majelis Taklim dan Sholawat IRSSAT bagi masyarakat di Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 1994-2022.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan dua jenis pendekatan yaitu historis dan sosiologi. Adapun metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah. Proses pengumpulan datanya menggunakan sumber primer dan sumber sekunder berupa wawancara serta buku atau jurnal penunjang lainnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Continuty and Change (kesinambungan dan perubahan) dari Jhon Obbert Voll dan teori peran nyata (An acted Role) dari Bruce J Cohen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Berdirinya Majelis Taklim dan Sholawat IRRSAT di latarbelakangi oleh kondisi sosial masyarakat yang sebagian besar adalah pemuda. Para pemuda tersebut menginginkan perubahan ke arah yang lebih positif. Sehingga Majelis Taklim dan Sholawat IRSSAT resmi berdiri pada tanggal 09 Agustus 1994 dan mengalami perkembangan yang signifikan dalam jangka waktu dua puluh delapan tahun terakhir (2) Majelis Taklim dan Sholawat IRSSAT berperan nyata terhadap kehidupan masyarakat melalui berbagai bidang, seperti pada bidang pendidikan dan keagamaan, bidang sosial, dan bidang ekonomi. Sehingga kehadiran majelis tersebut benar-benar memberikan peran nyata yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Kata Kunci: Peran, Majelis Taklim, IRSSAT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210299 Curatorial and Related Studies not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: S.Hum Hilda Sovi Nurhasanah
Date Deposited: 15 May 2023 01:09
Last Modified: 15 May 2023 01:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23495

Actions (login required)

View Item View Item