naini, siti nur indah agustin (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
SITI NUR INDAH AGUSTIN NAINI_T20191463.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kurikulum paradigma baru menekankan atau berfokus pada Profil Pelajar
Pancasila, sehingga menjadi tantangan guru Pendidikan Agama Islam dalam
mengaplikasikan yang memerlukan kompetensi dan skill yang mumpuni. Oleh
karena itu, melalui pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3
Jember mempunyai komitmen untuk mengembangkan budaya sekolah dalam
mencetak peserta didik yang berkarakter sesuai dengan dimensi Profil Pelajar
Pancasila.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru pendidikan agama
Islam sebagai demonstrator dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SMP
Negeri 3 Jember? 2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai
mediator dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 3 Jember? 3)
Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai evaluator dalam
mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 3 Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PAI sebagai
demonstrator, mediator dan evaluator dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
di SMP Negeri 3 Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif
dengan jenis studi kasus dan pemilihan subjek ini menggunakan purposive dalam
teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Model
analisis yang digunakan adalah model Miles, Huberman dan Saldana. Langkahnya
meliputi: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan
datanya menggunakan kredibilitas data yaitu: triangulasi teknik dan triangulasi
sumber
Hasil penelitian ini adalah: 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai
demonstrator dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 3 Jember
adalah guru sebagai uswatun hasanah atau teladan yang baik dengan penanaman
pendidikan karakter melalui KD yang diajarkan, melalui kegiatan keagamaan dan
ekstrakulikuler pilihan. 2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai mediator
dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 3 Jember adalah guru
sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui penggunaan media
yakni slide powerpoint (PPT) dengan sumber materi dari buku paket lks, materi
dari internet, dan Al-quran. Selain itu, buku-buku terkait pendidikan agama Islam
di perpustakaan, pojok literasi siswa, mushola, dan lokasi lainnya. 3) Peran guru
Pendidikan Agama Islam sebagai evaluator dalam mewujudkan Profil Pelajar
Pancasila di SMPN 3 Jember adalah hasil belajar peserta didik yang diukur oleh
guru dengan evaluasi yang digunakan jenis tes tulis dengan soal pilihan ganda,
soal uraian dan penilaian karakter melaui observasi peserta didik di lingkungan
sekolah.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam; Profil Pelajar Pancasila
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | siti nur indah agustin naini |
Date Deposited: | 19 May 2023 01:39 |
Last Modified: | 19 May 2023 01:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23560 |
Actions (login required)
View Item |