Internalisasi Nilai Tasawuf Melalui Pembelajaran Kitab Taisyrul Kholaq Dalam Upaya Membentuk Akhlak Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember

Fahrurrozi, Moh (2023) Internalisasi Nilai Tasawuf Melalui Pembelajaran Kitab Taisyrul Kholaq Dalam Upaya Membentuk Akhlak Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Shiddiq eber.

[img] Text
MOH. FAHRURROZI_T201811152 WTM.pdf

Download (4MB)

Abstract

Internalisasi nilai tasawuf merupakan penghayatan terhadap suatu ajaran yang diyakini dan disadari kebenarannya, serta diterapkan dalam wujud perilaku dan sikap sehari-hari sebagai proses menanamkan sesuatu melalui ilmu pembersihan jiwa, perbaikan tingkah laku (akhlakul karimah). Dari beberapa nilai tasawuf yang terkandung dalam kitab Taisyrul kholaq ada lima nilai yang diterapkan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi pada remaja masjid Al-Baitul Amien Jember, yaitu ta’dim, tawadlu’, sabar, syukur dan patuh kepada orang tua.
Adapun fokus penelitian ini yaitu 1) Apa saja nilai-nilai tasawuf melalui pembelajaran kitab Taisyrul kholaq dalam upaya membentuk akhlak remaja masjid Al-Baitul Amien Jember? 2) Bagaimana internalisasi nilai tasawuf melalui pembelajaran kitab Taisyirul kholaq dalam upaya membentuk akhlak remaja masjid Al-Baitul Amien Jember? 3) Apa saja kendala pembelajaran kitab Taisyrul kholaq dalam upaya membentuk akhlak remaja masjid Al-Baitul Amien Jember?.
Untuk mencapai tujuan di atas maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitiannya menggunakan tehnik purposive. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), kesimpulan/verifikasi (conclusion dratgwing and verification), sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik.
Hasil penelitian ini yaitu 1) Nilai-nilai tasawuf melalui pembelajaran kitab Taisyrul kholaq dalam upaya membentuk akhlak remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember, seperti ta’dim, tawadlu’, sabar, syukur dan patuh terhadap orang tua. 2) Internalisasi nilai tasawuf melalui pembelajaran kitab Taisyirul kholaq dalam upaya membentuk akhlak remaja masjid Al-Baitul Amien Jember, seperti melakukan kegiatan qiyamul lail pada sepertiga malam (jam 1 dini hari), wirid, dan dzikir. 3) Kendala-kendala dalam pembelajaran kitab Taisyrul kholaq dalam upaya membentuk akhlak remaja masjid Al-Baitul Amien Jember, seperti kurangnya sarana prasarana seperti minimnya ruangan dan kitab yang harus dimiliki oleh masing-masing remaja masjid, kurangnya tenaga pengajar atau murobbi dalam proses kegiatan kajian kitab Taisyrul Kholaq, dan ada beberapa anggota tidak bisa membaca kitab seperti kesulitan dalam memahami kitab yang di kaji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Moh. Fahrurrozi
Date Deposited: 19 May 2023 01:42
Last Modified: 19 May 2023 01:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23580

Actions (login required)

View Item View Item