Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Berorientasi pada Higher Order Thinking Skill (HOTS) di MTs Miftahus Sa’adah, Sukorambi, Jember.

Afkarina, Nur Izza (2021) Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Berorientasi pada Higher Order Thinking Skill (HOTS) di MTs Miftahus Sa’adah, Sukorambi, Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Izza Afkarina_T20171261.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur‟an Hadis, Higher Order Thinking Skill (HOTS) Al-Qur‟an dan Hadis merupakan sumber ajaran islam yang utama, maka perlu diterapkannya pembelajaran yang bukan hanya sekedar menghafal saja, tetapi juga bagaimana kiranya peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupan, yaitu dengan penerapan pembelajaran yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skill (HOTS). Seperti halnya yang diterapkan di MTs Miftahus Sa‟adah, Sukorambi, Jember. Peserta didik bukan hanya diarahkan untuk menghafal materi untuk memahaminya, tetapi juga diupayakan memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Al-Qur‟an Hadis berorientasi pada HOTS di MTs Miftahus Sa‟adah, Sukorambi, Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an Hadis berorientasi pada HOTS di MTs Miftahus Sa‟adah, Sukorambi, Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Al-Qur‟an Hadis berorientasi pada HOTS di MTs Miftahus Sa‟adah, Sukorambi, Jember?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Al-Qur‟an Hadis berorientasi pada HOTS di MTs Miftahus Sa‟adah, Sukorambi, Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi Kasus. Lokasi penelitian ini di MTs Miftahus Sa‟adah, Sukorambi, Jember. Penentuan informan menggunakan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles Huberman & Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Rancangan perencanaan pembelajaran, terdiri dari penyusunan silabus, RPP darurat (sederhana) sesuai Permendikbud No. 14 Tahun 2019, dan penentuan media pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran diawali dengan menyapa peserta didik, absensi, memberikan motivasi. Pada kegiatan inti guru memberikan kesempatan lebih banyak kepada peserta didik untuk menemukan informasi melalui kegiatan pengamatan, analisis, diskusi, dan presentasi. Pada kegiatan penutup dilakukan kegiatan meringkas materi pembelajaran dan kemudian guru memberikan kesimpulan secara keseluruhan materi yang telah dipelajari. 3) Evaluasi pembelajaran Al-Qur‟an Hadis berorientasi pada (HOTS) dilaksanankan dengan bentuk penialaian harian, penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian akhir semester (PAS), dengan butir soal yang diberikan kepada peserta didik belum mennggunakan soal level HOTS secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 19 May 2023 06:45
Last Modified: 19 May 2023 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23620

Actions (login required)

View Item View Item