Siswiati, Nuraini (2020) “Pembelajaran Tahfidz Juz „Amma Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Menghafal Al- Quran di Madrasah Tsanawiyah Zaidul Ali Sukorejo Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2019- 2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nuraini Siswiati_084 131 168.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci: Tahfidz Juz Amma, Motivasi, Menghafal Al-Qur‟an Menghafal Al-Qur‟an merupakan perbuatan yang sangat mulia sebagai usaha umat Islam dalam menjaga kemurnian kitab Al–Qur‟an. Menghafal AlQur‟an dibutuhkan niat yang lurus dan ikhlas, konsentrasi penuh, harus gigih, bersemangat tinggi, istiqomah dan disiplin. Madrasash Tsanawiyah Zaidul Ali merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menjadikan program Tahfidz sebagai program unggulan. Berdasarkan paparan diatas peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentang Implementasi Pembelajaran Tahfidz Juz Amma dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Menghafal Al - Qur‟an Melalui Program Tahfidz Juz Amma di Madrasah Tsanawiyah Zaidul Ali Tahun 2019/2020. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini. (1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Tahfidz Juz „Amma Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Menghafal Al- Quran di Madrasah Tsanawiyah Zaidul Ali Sukorejo Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2019-2020. (2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Juz „Amma Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Menghafal Al- Quran di Madrasah Tsanawiyah Zaidul Ali Sukorejo Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2019-2020. (3) Bagaimana evaluasi Pembelajaran Tahfidz Juz „Amma Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Menghafal Al- Quran di Madrasah Tsanawiyah Zaidul Ali Sukorejo Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2019-2020. Tujuan dilakukan penelitian ini secara umum, (1) Untuk Mengetahui Perencanaan Pembelajaran Tahfidz Juz „Amma Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Menghafal Al- Quran di Madrasah Tsanawiyah Zaidul Ali Sukorejo Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2019-2020. (2) Untuk Mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Juz „Amma Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Menghafal Al- Quran di Madrasah Tsanawiyah Zaidul Ali Sukorejo Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2019-2020. (3) Untuk Mengetahui Evaluasi Pembelajaran Tahfidz Juz „Amma dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Menghafal Al – Qur‟an di Madrasah Tsanawiyah Zaidul Ali Sukorejo Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penelitian dilakukan mulai pada bulan Desember 2019 sampai dengan Maret 2020 yang berada di Madrasah Tsanawiyah Zaidul Ali. Subyek penelitian ialah guru, sedangkan informan penelitian ialah kepala Madrasah dan siswa Madrasah Tsanawiyah Zaidul Ali. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan triangulasi. Tahapan selanjutnya analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Kesimpulan dari penelitian ini dalam tahapan perencanaan pembelajaran tahfizd juz amma sebelum menerapkan atau masuk kelas mengisi pelajaran, guru diminta oleh kepala madrasah untuk membuat perangkat pembelajaran terlebih dahulu seperti Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang didalamnya terdapat tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Kemudian dalam pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Juz Amma di Madrasah Tsanawiyah Zaidul Ali mempunyai jadwal tersendiri, dan dalam setiap minggunya dilakukan 2x pertemuan. Seperti yang nampak pada siswa yaitu pada pagi hari sekitar jam 07:00 WIB siswa sudah memulai untuk mengafalkan Al-Qur‟an, siswa dikumpulkan sesuai dengan kelas masing – masing dari kelas VII, VIII dan IX. Dan pada saat ada jam pelajaran kosong siswa diwajibkan Murajaah / menyempurnakan hafalannya kepada Guru Al-Qur‟an. Untuk evaluasinya yaitu Evaluasi Formatif merupakan Murojaah yang dilakukan pada setiap akhir pembahasan suatu pokok bahasan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana suatu proses pembelajaran telah berjalan sebagaimana yang direncanakan. Evaluasi ini dimaksudkan untuk mengontrol sampai seberapa jauh siswa telah meguasai materi yang diajarkan pada pokok bahasan tersebut seperti: ulangan, tes lisan, dan pekerjaan rumah (PR). Evaluasi sumatif merupakan evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir satu satuan waktu yang didalamnya tercangkup lebih satu pokok bahasan dan dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik telah dapat berpindah dari satu unit ke unit berikutnya. Evaluasi ini sebagai kegiatan tes pada akhir suatu periode pembelajarn tertentu, yang meliputi beberapa atau semua unit pelajaran yang diajarkan dalam satu bulan, triwulan atau mid semeter dan akhir semester
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 19 May 2023 10:03 |
Last Modified: | 19 May 2023 10:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23628 |
Actions (login required)
View Item |