Hidayat, Nurul (2021) MODERNISASI DALAM SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN (STUDY DI PONDOK PESANTREN MADINATUL ULUM JENGGAWAH JEMBER). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nurul Hidayat_T20171387.pdf Download (18MB) |
Abstract
Banyak cara dalam mengembangkan Pendidikan di dalam Lembaga Pondok Pesantren untuk mencapai tujuan dalam dunia Pendidikan salah satu cara dalam pengembangan Pendidikan yaitu Modernisasi Sistem Pendidikan Pondok Pesantren, dengan dilakukanya Modernisasi sistem Pendidikan didalam pondok pesantren, danpat membuat perubahan atau peningkatan dalam kualitas belajar mengajar santri di pondok pesantren Madinatul Ulum. Fokus Penelitian dalam Skripsi ini mengkaji 3 hal yaitu: Bagaimana Bentuk Modernisasi dalam Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jenggawah Jember?, Bagaimana Bentuk Pengajaran dalam Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jenggawah Jember?, Bagaimana Dampak dari Modernisasi dalam Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jenggawah Jember?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan Bentuk Modernisasi dalam Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Madinatul Ulum, Untuk mendeskripsikan Bentuk Pengajaran dalam Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Madinatul Ulum, dan Untuk mendeskripsikan Bagaimana Dampak dari Modernisasi dalam Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Madinatul Ulum. Penelitian ini peneliti menggunakan penelitian Kualitatif yang bersifat deskriptif. di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jenggawah Jember,. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah Modul purposive. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian adalah teknik wawancara, teknik observasi, teknik dokumentasi. Hasil Penelitian ini yaitu (1)Bentuk modernisasi dalam sistem Pendidikan yang ada di pesantren Madinatul Ulum adalah Pondok Pesantren Madinatul Ulum Madinatul Ulum memiliki Lembaga Pendidikan diniyah dan juga Pendidikan formal seperti Sekolah Dasar Islam (SDI), Sekolah Menegah Pertama Terpadu (SMPT), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) , Madrasah Aliyah (MA), dan juga Perguran Tinggi. Akan tetapi diantara Pendidikan Diniyah dan Pendidikan Formal ini saling berkaitan dan kontribusi. (2) Bentuk pembelajaran di pondok pesantren Madinatul Ulum adalah metode yang digunakan di Pendidikan diniyahnya masih klasik seperti sorogan, bandongan, dan ceramah. Kemudian dalam sisi Pendidikan formalnya tetap menggunakan metode yang sesuai dengan arahan pemerintah yaitu menggunakan metode K13, yang dimana siswa dituntut aktif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siswa tidak terfokus saja ke penjelasan dari guru. (3) Dampak modernisasi sistem Pendidikan dalam pondok pesantren Madinatul Ulum memiliki dua macam yang dimana dalam segi positif nya dapat memberikan nuansa baru dalam melaksakan kegiatan belajar megajar bagi santri dan juga pengajar dalam memberikan ilmunya terhadap santri, tentunya dengan adanya fasilitas yang sudah memadai dapat menunjang proses belajar mengajar didalam Pendidikan dinyah maupun formal Dalam dampak negatifnya karena sistem ini baru dimulai tentunya butuh adaptasi dalam segi kesiapan pengajar dan peserta didik dalam melaksanakan sistem yang baru ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 19 May 2023 10:02 |
Last Modified: | 19 May 2023 10:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23636 |
Actions (login required)
View Item |