Hidayati, Revita (2021) Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak Tuna Daksa Di Sekolah Luar Biasa (SLB) ABC Semboro jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Revita Hidayati_D20163046.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Kepercayaan Diri, SLB Kepercayaan diri adalah salah satu aspek kepribadian yang penting pada seseorang, tanpa adanya kepercayaan diri maka banyak masalah pada seseorang. Kepercayaan diri merupakan atribut yang paling berhaga pada diri seseorang dalam kehidupan bermasyarakat. Dikarenakan dengan kepercayaan diri seseorang mampu mengaktualisasikan segala potensi dirinya. Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: (1) bagaimana peran orang tua dalam membangun kepercayaan diri pada anak tuna daksa di sekolah luar biasa (Slb) abc semboro jember ? (2) apa hambatan dalam membangun kepercayaan diri pada anak tuna daksa di sekolah luar biasa (Slb) abc semboro jember ? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui dan mendeskripsikan peran orang tua dalam membangun kepercayaan diri pada anak tuna daksa di sekolah luar biasa (Slb) abc semboro jember. (2) mengetahui hambatan dalam membangun kepercayaan diri anak tuna daksa di sekolah luar biasa (Slb) abc semboro jember. Untuk mengindektifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, sedangkan untuk keabsahan data menggunakan validitas data trianggulasi. Penelitian memperoleh kesimpulan: (1) Peran orang tua dalam membangun kepercayaan diri pada anak tuna daksa di sekolah luar biasa (SLB) ABC sidomekar semboro yaitu: tugas orang tua dalam membesarkan, melindungi dan mendidik anak. Tugas orang tua dalam membesarkan yaitu tanggung jawab orang tua karena anak memerlukan makan, minum dan perawatan agar dapat hidup secara berkelanjutan. Melindungi meliputi: keselamatan baik secara jasmani maupun rohani dari berbagai gangguanpenyakit atau bahaya lingkungan. Mendidik meliputi: mendidik anak dengan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang berguna bagi kehidupan. (2) Hambatan dalam membangun kepercayaan diri pada anak tuna daksa di sekolah luar biasa (SLB) ABC sidomekar semboro yaitu meliputi konsep diri, harga diri, pengalaman, pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 22 May 2023 02:38 |
Last Modified: | 22 May 2023 02:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23670 |
Actions (login required)
View Item |