HUBUNGAN LATAR BELAKANG EKONOMI ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI AGAMA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Syah, Firdaus (2023) HUBUNGAN LATAR BELAKANG EKONOMI ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI AGAMA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIRDA.skripsi.korelasi 05 mei 2023 (1).pdf

Download (84MB)

Abstract

Firdaus Syah, 2023, Hubungan Latar Belakang Ekonomi Orang Tua dengan Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI Agama di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Latar Belakang Ekonomi Orang Tua, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar Biologi.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan, terdapat beberapa faktor dalam hasil belajar salah satunya faktor ekternal siswa yaitu faktor keluarga, dan juga kurangnya rasa percaya diri siswa karena keadaan ekonomi orang tuanya, sehingga anak minder, menyendiri, dan dalam belajar kurang konsentrasi.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana latar belakang ekonomi orang tua siswa kelas XI Agama di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso?, 2) Bagaimana kepercayaan diri siswa kelas XI Agama di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso?, 3) Bagaimana hasil belajar biologi siswa kelas XI Agama di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso?, 4) Adakah hubungan latar belakang ekonomi orang tua dengan kepercayaan diri siswa di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso?, 5) Adakah hubungan latar belakang ekonomi orang tua dengan hasil belajar biologi siswa di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Korelasional non eskperimen yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Populasi meliputi kelas XI Agama sebanyak 193 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel dalam Penelitian ini adalah kelas XI Agama 3, XI Agama 4, XI Agama 5, XI Agama 6 dengan jumlah 140 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 24.
Hasil Penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Latar belakang ekonomi orang tua siswa kelas XI Agama di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso masuk dalam kategori tinggi sebesar 49%, kategori sedang 50%, dan kategori rendah 1%. 2) Kepercayaan diri siswa kelas XI Agama di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso dengan kategori sangat tinggi sebesar 3%, kategori tinggi sebesar 71%, dan kategori sedang 26%. 3) Hasil belajar biologi siswa kelas XI Agama di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso dengan kategori sangat tinggi sebesar 10%, kategori tinggi sebesar 74%, dan kategori sedang sebesar 7%. 4) Terdapat hubungan yang signifikan antara latar belakang ekonomi orang tua dengan kepercayaan diri siswa kelas XI Agama di Madrasah Aliyah Bondowoso berdasarkan nilai signifikansi (0,000< 0,05) dan tingkat keeratan hubungan cukup kuat sebesar 0,531. 5) Terdapat hubungan yang signifikan latar belakang ekonomi orang tua dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI Agama di Madrasah Aliyah Bondowoso berdasarkan hasil nilai signifikansi (0,000< 0,05) dan tingkat keeratan hubungan cukup kuat sebesar 0,535.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mrs Firdaus Syah
Date Deposited: 22 May 2023 07:22
Last Modified: 22 May 2023 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23694

Actions (login required)

View Item View Item