Representasi Generasi Milenial di Online Dating (Studi Kasus: Para Pengguna Situs Online Dating Tinder).

Mazlin, Rosa Melyna (2020) Representasi Generasi Milenial di Online Dating (Studi Kasus: Para Pengguna Situs Online Dating Tinder). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rosa Melyna Mazlin_D20151001.pdf

Download (4MB)

Abstract

Teknologi komunikasi telah membentuk masyarakat digital yang memiliki kebebasan untuk berinteraksi tanpa harus dibatasi dengan siapa, dimana, dan kapan. Hal tersebut terbukti dari dominasi generasi milenial melalui sosial media. Kemunculan jejaring sosial tersebut membuka peluang baru untuk situs-situs yang menawarkan layanan biro jodoh secara online atau biasa dikenal dengan online dating. Terdapat beberapa situs online dating yang terkenal di Indonesia salah satunya adalah aplikasi Tinder. Banyak orang yang tertarik menggunakan aplikasi tersebut dikarenakan cukup mudah untuk diakses. Namun pada faktanya tidak sedikit para pengguna yang menyalah gunakan kemudahan aplikasi tersebut seperti melakukkan penipuan, bahkan pelecehan seksual. Meski begitu, aplikasi ini selalu mengalami peningkatan pengguna di tiap tahunnya. Atas dasar fenomena tersebut, fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apa yang mendasari generasi milenial memilih menggunakan online dating Tinder dalam mencari teman kencan? 2) Bagaimana generasi milenial menggunakan online dating Tinder dalam merepresentasikan dirinya kepada teman kencannya ?. Berdasarkan fokus penelitian yang telah peneliti rumuskan tersebut, secara khusus penelitian ini bertujuan untuk memahami peta konseptual generasi milenial dalam mencari teman kencan melalui online dating Tinder, serta menjelaskan fenomena sosial generasi milenial dalam merepresentasikan dirinya di online dating Tinder. Hal tersebut dideskripsikan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Perspektif teoritis yang digunakan untuk menganalisis fenomena tersebut yakni menggunakan teori representasi sebagai teori utama. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti, diperoleh penemuan bahwa: Berdasarkan teori Psikoanalisis Sigmund Freud, faktor “sosial” menjadi alasan utama generasi milenial dalam memilih menggunakan online dating Tinder sebagai bentuk pertahanan diri untuk menolak realita yang membuatnya sakit. Sedangkan Melalui konsep Ritzer tentang McDonalisasi peneliti temukan faktor pendukung berupa kecenderungan generasi milenial yang memiliki keinginan untuk mendapatkan banyak hal dengan minim usaha. Melalui dorongan-dorongan tersebut, teori Representasi Stuart Hall dapat terbongkar, dan dapat diperoleh hasil bahwa, representasi generasi milenial dalam online dating Tinder merupakan bentuk “promosi diri” yang memosisikan dirinya dengan sebaik mungkin agar berbagai bentuk kebutuhannya dapat dengan mudah terpenuhi. Kata kunci: Representasi, Online Dating, Tinder.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 22 May 2023 07:20
Last Modified: 22 May 2023 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23710

Actions (login required)

View Item View Item