BUSY BOARD SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA AJUNG JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022

Izzatul, Fikriyah (2023) BUSY BOARD SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA AJUNG JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IZZATUL FIKRIYAH_T20185044.pdf

Download (3MB)

Abstract

Izzatul Fikriyah, 2022: Busy Board Sebagai Media Pengembangan Fisik Motorik
Anak Usia Dini Pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Ajaran
2021/2022.
Kata Kunci : Motorik Halus, Media Busy Board.
Pengembangan fisik motorik di TK Dharma Wanita Ajung Jember
menggunakan media Busy Board. Hal tersebut diterapkan untuk mempermudah
pembelajaran motorik pada anak. Pengembangan fisik motorik adalah suatu usaha
untuk meningkatkan kemampuan motorik dalam pengkoordinasian gerak tubuh atau
kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil
dan koordinasi mata dan tangan maupun yang menggunakan otot otot besar atau
seluruh tubuh anak . Busy board merupakan papan yang ditempeli benda-benda yang
tujuannya untuk mengenalkan benda di sekitar rumah dengan cara yang lebih
aman. Sebuah busy board terdiri dari berbagai macam benda yang dapat menstimulasi
indera si kecil serta motorik halusnya. Keunikan dari media busy board ini jarang di
terapkan di TK lainnya seperti pada umumnya, kemudian juga kegiatannya lebih
menarik dan kreatif seperti anak bisa mengancing baju, menali sepatu, meresleting,
dsb. Bahan bahan yang digunakan juga terjangkau seperti yang ada di sekitar kita,
sehingga, anak tidak hanya mampu mengembangkan fisik motoriknya tapi juga bisa
menjadi lebih mandiri dan bermain sambil belajar tanpa menyebabkan kekacauan di
sekitarnya.
Dalam hal ini terdapat 2 isu utama yang menjadi fokus penelitian : 1.
Bagaimana Pengembangan Motorik Halus Anak Melalui Media Busy Board pada
kelompok B di TK Dharma Wanita Ajung Jember? 2. Bagaimana Pengembangan
Motorik Kasar Anak melalui Media Busy Board pada kelompok B di TK Dharma
Wanita Ajung Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan busy board sebagai media
pengembangan fisik motorik anak usia dini pada kelompok B di TK Dharma Wanita
Ajung Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi
kasus. Teknik pengumpulan data berupa Observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis
data yang digunakan yaitu Teknik. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi
teknik dan sumber.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di TK Dharma Wanita Kelas B
dapat ditemukan 1) Busy board dalam mengembangkan motorik halus anak bisa
dijadikan sebagai sarana untuk menstimulasi motorik halus anak karena menggunakan
jari jemari diantaranya melakukan kegiatan memasang tali sepatu kedalam kertas yang
berbentuk sepatu,yang ada lobangnya seperti bentuk sepatu, melakukan aktivitas
mengancing baju maupun memutar tutup botol. 2) Busy board dalam mengembangkan
motorik kasar anak yaitu melalui aktifitas langsung. Melalui perantara yang terdapat
pada media busy board sebagai acuan kegiatan yang hendak dilakukan. Kegiatan yang
dilakukan seperti memasang tali sepatu kemudian anak diajak untuk mengetahui
fungsi anggota tubuh yang berkaitan dan anak diperintahkan untuk melompat atau
berdiri dengan satu kaki untuk melatih keseimbangan tubuhnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Depositing User: Faizatul Fikriah -
Date Deposited: 29 May 2023 07:43
Last Modified: 29 May 2023 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23858

Actions (login required)

View Item View Item