Dampak Istri Sebagai Buruh Industri Terhadap Pelaksanaan Kewajiban Isteri Dalam Keluarga (Studi Kasus Masyarakat Desa Pesisir Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo).

Isnaini, Sisil (2021) Dampak Istri Sebagai Buruh Industri Terhadap Pelaksanaan Kewajiban Isteri Dalam Keluarga (Studi Kasus Masyarakat Desa Pesisir Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sisil Isnaini_S20171071.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Kewajiban Istri, Keluarga, Buruh. Peran ganda merupakan dua peran atau lebih yang di jalankan dalam waktu yang bersamaan, dalam hal ini peran yang dimaksud ialah peran seorang perempuan sebagai istri bagi suaminya, ibu bagi anak-anaknya dan peran bagi ibu yang mimiliki karir di luar rumah. Dan peran ini bisa dijalankan dalam waktu bersamaan dalam peran perempuan sebagai istri dalam rumah tangga yang berkarir. Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian; (1) apa latar belakang istri yang bekerja sebagai Buruh Industri Di Desa Pesisir Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. (2) bagaimana Pemenuhan kewajiban dalam mengurus Rumah Tangga bagi istri yang bekerja sebagai Buruh Industri Di Desa Pesisir Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. (3) bagaimana Dampak istri yang menjadi Buruh Industri dalam melaksanakan kewajiban mengurus Rumah tangga. Tujuan masalah yang diteliti dalam penelitian: (1) latar belakang istri yang bekerja sebagai Buruh Industri Di Desa Pesisir Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. (2) bagaimana Pemenuhan kewajiban dalam mengurus Rumah Tangga bagi istri yang bekerja sebagai Buruh Industri Di Desa Pesisir Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. (3) bagaimana Dampak istri yang menjadi Buruh Industri dalam melaksanakan kewajiban mengurus Rumah tangga Pendekatan Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penekatan Kualitif.Metode Kualitif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian yang merupakan format deskriptif kualitif yaitu dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu system pemikiran ,ataupun suatu kejadian peristiwa yang terjadi pada masa sekarang. Penelitian ini dapat disimpulkan (1) Latar belakang istri menjadi buruh industri ialah membantu perekonomian keluarga, meringankan beban suami serta memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari. (2) Pemenuhan Kewajiban Perempuan mengurus Rumah Tangga bagi Buruh Industri ialah dengan melakukan pembagian waktu antara keluaga dan pekerjaan, yang mana istri buruh industri harus membagi peran dan membagi waktu dengan cara management waktu karna perempuan buruh industri mempunyai peran ganda yang mana harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin (3) Dampak istri Buruh Industri terhadap mengurus Kewajiban Rumah tangga para istri yang bekerja di buruh industri ada 2 poin; Pertama, positif, diantaranya membantu perekonomian keluarga, meringankan beban suami dan memenuhi kebutuhan keluarga. Kedua, Negatif, diantaranya waktu untuk berkumpul dengan keluarga menjadi terbatas dan adanya beban kerja ganda yang ditanggung oleh pekerja perempuan buruh industri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 May 2023 05:07
Last Modified: 29 May 2023 05:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23877

Actions (login required)

View Item View Item