Habibullah, Mohammad (2023) PEMANFATAAN SUMBER BELAJAR FIQIH MATERI HAJI DAN UMROH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
MOHAMMAD HABIBULLAH_T20191399.pdf Download (3MB) |
Abstract
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada lingkungan kegiatan
belajar yang secara fungsional dapat digunakan untuk membantu meningkatkan
hasil belajar. Salah satu faktor keberhasilan dalam pembelajaran adalah adanya
sumber belajar yang dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pendidik maupun
peserta didik. Sumber belajar tidak hanya berupa materi atau isi pelajaran, tetapi
dapat berupa orang, alat, lingkungan tempat belajar, serta segala kegiatan yang
dilakukan dalam proses pembelajaran.
Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana pemanfaatan Sumber belajar
Fiqih Materi Haji dan Umroh dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X
MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2022-2023? 2) Bagaimana Faktor
Penghambat dan Faktor Pendukung Pemanfaatan Sumber Belajar Fiqih Materi
Haji dan Umroh dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MAN Bondowoso
Tahun Pelajaran 2022-2023? 3) Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Siswa
terhadap Pemanfaatan Sumber Belajar Fiqih Materi Haji dan Umroh dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN Bondowoso Tahun Pelajaran
2022-2023?
Tujuan Penelitian: 1) Mendeskripsikan Pemanfaatan Sumber Belajar Fiqih
Materi Haji dan Umroh dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN
Bondowoso Tahun Pelajaran 2022-2023. 2) Mendeskripsikan Faktor Penghambat
dan Faktor Pendukung Pemanfaatan Sumber Belajar Fiqih Materi Haji dan Umroh
dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN Bondowoso Tahun
Pelajaran 2022-2023. 3) Mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa
terhadap Pemanfaatan Sumber Belajar Fiqih Materi Haji dan Umroh dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN Bondowoso Tahun Pelajaran
2022-2023.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus, dan penentuan subyek penelitaian ini menggunakan teknik
purpossive. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan deskriptif kualitatif
dengan model interaktif Miles, Huberman, Saldana yang meliputi: 1) Kondensasi
data 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data
yang digunakan adalah Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik.
Hasil Penelitian ini yaitu: 1) Memanfaatkan sumber belajar mushalla,
perpustakaan, lingkungan, internet, dan alat. Pemanfaatan sumber belajar fiqih
sudah dapat dilaksanakan secara maksimal dengan menggunakan berbagai sumber
belajar yang ada. 2) Faktor penghambat yaitu kurangnya motivasi siswa, dan alat
atau media proyektor yang rusak. Faktor pendukungnya adalah motivasi dari
guru, perhatian siswa, ketersediaannya sumber belajar yang mendukung. 3) Dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah memanfaatkan sumber blajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Mohammad Habibullah |
Date Deposited: | 30 May 2023 02:03 |
Last Modified: | 30 May 2023 02:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23907 |
Actions (login required)
View Item |