Tyorini, Sulis (2020) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SLB ABCD PGRI Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Sulis Tyorini_084141175.pdf Download (2MB) |
Abstract
Manusia semuanya adalah sama haknya dalam mendapatkan pendidikan, sama-sama memerlukan pendidikan agama dan ilmu pengetahuan. Pembelajaran pendidikan agama Islam tidak hanya diberikan kepada anak normal saja, tetapi juga diberikan kepada anak berkebutuhan khusus atau anak yang mepunyai kelainan dan kekurangan fisik atau mental. Karena manusia mempunyai hak yang sama dihadapan Allah SWT. Seperti yang telah diketahui bahwa melakukan pelaksanaan belajar mengajar bagiu anak berkebutuhan khusus tentu berbeda dengan anak normal lainnyta. Anak berkebutuhan khusus tentu memiliki hambatan yang berbeda-beda dalam menerima pembelajaran sesuai dengan kebutuhannya. Tentu hal ini cukup unik untuk di bahas karena anak berkebutuhan khusus butuh penangan khusus dari pada umumnya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pemelajaran agama Islam (PAI) bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di SLB ABCD PGRI Banyuwangi, 2) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) bagi anak berkebutuhan khusaus (ABK) di SLB ABCD PGRI Banyuwangi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di SLB ABCD PGRI Banyuwangi, 2) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di SLB ABCD PGRI Banyuwangi. Penelitian ini mnenggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga tehnik yaitu observasi, wawamcara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data data penarikan kesimpulan. Berdasarkan hsil penelitian dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain: 1) Pelaksanakan pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di SLB ABCD PGRI Banyuwangi yaitu mengacu pada kurikulum 2013, dalam pelaksanaannya sama seperti sama seperti halnya mata pelajaran pada umumnya, akan tetapi metode, materi dan medianya disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan siswa, guru mengkomunikasikan materimnya dengan bahasa sederhana dan isyarat sehingga siswa mampu memahami materi yang disampaikan guru dengan baik. 2) Evaluasi pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di SLB ABCD PGRI Banyuwangi yaitu, evaluasi yang berupa penilaian tes dan non tes, penilaian tes meliputi ulangan harian, ujian tengah semester, ujian semester yang dalam pembuatannya disesuaikan dengan kemampuan anak berkebutuhan khusus. Sededangkan penilaian nontes meliputi penilaian guru terhadap hasil pengamatan dan praktek siswa secara langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 31 May 2023 01:04 |
Last Modified: | 31 May 2023 01:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23952 |
Actions (login required)
View Item |