Jannah, Wildatul (2021) Manajemen kelas 1A di SD Al-Baitul Amien 02 (Full day school) Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Wildatul Jannah_T20154043.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pengelolaan sangat penting untuk di implementasikan dalam kegiatan yang dilakukan di dalam kelas. Kebutuhan terhadap pengelolaan di kelas, bukan hanya karena kebutuhan akan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran melalui pengoptimalan fungsi kelas, namun lebih dari itu, pengelolaan di dalam kelas merupakan respon terhadap semakin meningkatnya tuntutan peningkatan kualitas pendidikan yang di mulai dari ruangan kelas, terutama pengelolaan yang di lakukan di tingkat Sekolah Dasar. Hal ini terdapat keunikan dalam sistem pengelolaan kelas yang di lakukan oleh guru kelas 1A. Fokus penelitian ini terdiri dari tiga hal, yaitu: (1) Bagaimana pengelolaan peserta didik di kelas 1A SD Al-Baitul Amien 02 (Full day school) Jember? (2) Bagaimana pengelolaan sarana dan prasarana di kelas 1A SD Al-Baitul Amien 02 (Full day school) Jember ? (3) Bagaimana Komunikasi pembelajaran di kelas 1A SD Al-Baitul Amien 02 (Full day school) Jember ?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengelolaan peserta didik Kelas 1A SD Al-Baitul Amien 02 Jember (2) Mendeskripsikan Pengelolaan sarana dan Prasarana Kelas 1A SD Al-Baitul Amien 02 Jember. (3) Mendeskripsikan Komunikasi pembelajaran Kelas 1A SD Al-Baitul Amien 02 Jember. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Sementara pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data, penelitian ini menggunakan interaktif Miles dan Hubermen, yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan (1) Dalam pengelolaan peseta didik kelas 1A di SD Al-Baitul Amien 02 (Full day school) Jember yaitu guru membentuk beberapa formasi bangku dalam penempatan peserta didik selama proses belajar mengajar yang di lakukan dengan sistem rolling selama dua minggu sekali. guru membentuk beberapa jadwal piket dengan berkelompok serta mengikuti perubahan kelompok yang telah di sepakati. (2) Guru memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia di dalam kelas dengan sebagaimana mestinya. Memberikan kenyamanan bagi peserta didik seperti mengatur ventilasi dan pencahayaan di dalam kelas. menghidupkan AC ketika peserta didik merasa gerah selama berada di ruang kelas. (3) Komunikasi yang di lakukan selama proses belajar oleh guru maupun peserta didik menggunakan bahasa yang baik dan benar serta mudah di pahami oleh peserta didik. dengan menggunakan gerakan tangan, saat penyampaian materi agar mudah di pahami oleh peserta didik serta menuliskan ulang di papan tulis agar peserta didik semakin memahai penjelasan materi yang di sampaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 00:27 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 00:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23991 |
Actions (login required)
View Item |