Fitri, Ika (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
IKA AULIA FITRI_T20197097.pdf Download (7MB) |
Abstract
Ika Aulia Fitri, 2023: Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa dalam Memecahkan
Masalah Aljabar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Jember.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Aljabar,Memecahkan masalah aljabar,
Kemampuan Berpikir Aljabar merupakan kemampuan seseorang untuk
menganalisis situasi matematika dan struktur penggunaan simbol-simbol aljabar,
Pemecahan masalah adalah upaya memecahkan suatu masalah dengan
menggunakan berbagai pengetahuan, keterampilan dan pemahaman yang
diperlukan untuk mencari solusi dari masalah tersebut. Aljabar adalah sebuah
konsep yang mendasar yang digunakan pada saat menyelesaikan permasalahan
matematis.
Fokus Penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan berpikir aljabar siswa
dalam memecahkan masalah aljabar berdasarkan kemampuan pemecahan masalah
tinggi, Bagaimana kemampuan berpikir aljabar siswa dalam memecahkan masalah
aljabar berdasarkan kemampuan representasi tinggi dan Bagaimana kemampuan
berpikir aljabar siswa dalam memecahkan masalah aljabar berdasarkan
kemampuan penalaran kuantitatif tinggi pada siswa SMP kelas VII.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, Instrumen yang
digunakan yakni tes penentuan subjek, tes kemampuan berpikir aljabar tes dan
pedoman tes kemampuan berpikir aljabar lisan (wawancara). Subjek Penelitian
yakni 3 siswa dari kelas VII-B SMP Negeri 9 Jember dengan masing-masing 1
siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi, kemampuan representasi
tinggi dan kemampuan penalaran kuantitatif tinggi. Analisis data pada penelitian
ini menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi
pengumpulan data, penyajian data, verifikasi. Keabsahan data menggunakan
triangulasi teknik yaitu tes, wawancara dan dokumentasi.
Hasil analisis data pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir aljabar
berdasarkan kemampuan pemecahan masalah tinggi yakni S1 mampu memenuhi
setiap sub Indikator pemecahan masalah yaitu menggunakan strategi pemecahan
masalah dan mencari berbagai pendekatan atau solusi. Pada siswa dengan
kemampuan representasi tinggi yakni S2 juga sudah mampu memenuhi setiap
sub Indikator dari kemampuan representasi yaitu menampilkan hubungan secara
visual (gambar), symbol secara numerik dan verbal, mengartikan berbagai bentuk
representasi dan menafsirkan informasi dalam representasi dan siswa S3 memenuhi
kemampuan penalaran kuantitatif karena memenuhi setiap sub Indikator
penalaran kuantitatif yaitu menganalisis permasalahan untuk menggali dan
mengukur hal penting dan Penalaran induktif dan deduktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Ika Fitri |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 07:57 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 07:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24000 |
Actions (login required)
View Item |