Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tanggul Jember

Madjid Mudhoffar, Iklil (2023) Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tanggul Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad SiddiqJember.

[img] Text
Skripsi Iklil Madjid.pdf

Download (4MB)

Abstract

Iklil Madjid Mudhoffar, 2023: “Peningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMA Negeri 2 Tanggul Jember”

Kata Kunci: Manajemen Kompetensi Profesional

Tenaga pendidik atau guru harus terus meningkatkan profesionalismenya melalui berbagai kegiatan dapat mengembangkan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran maupun kemampuan-kemampuan lain dalam upaya menjadikan peserta didik memiliki keterampilan belajar, mencakup keterampilan dalam memperoleh pengetahuan (learning to know), keterampilan dalam pengembangan jati diri (learning to be), keterampilan dalam pelaksanaan tugas- tugas tertentu (learning to do), dan keterampilan untuk dapat hidup berdampingan dengan sesama secara harmonis (learning to live together). Kegiatan pengembangan profesi guru bertujuan untuk meningkatkan mutu guru agar lebih professional dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan peningkatan kompetensi profesional guru di SMA Negeri 2 Tanggul?, 2) Bagaimana pelaksanaan peningkatan kompetensi profesional guru di SMA Negeri 2 Tanggul?
3) bagaimana evaluasi peningkatan kompetensi profesional guru di SMA Negeri 2 Tanggul?
Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi peningkatan kompetensi profesional guru di SMA Negeri 2 Tanggul Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi Non-partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Milles dan Huberman, dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan dilakukan dengan bebrapa kegiatan yaitu perencanaan berbasis data, perencanaan pembelajaran sebagai sebuah proses, disiplin ilmu pengetahuan, realitas, system dan teknologi pembelajaran, pelatihan, diklat, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan workshop yang dilakukan oleh dinas pendidikan. 2) Pelaksanan peningkatan kompetensi professional guru dilakukan dengan beberapa kegiatan yaitu monitoring, supervise dan evaluasi kegiatan. 3) Evaluasi peningkatan kompetensi professional guru dilakukan oleh kepala sekolah dengan cara melakukan pengontrolan pembelajaran, memastikan apakah guru-guru telah modul ajar serta setiap guru harus membuat proyek ajar yang dapat diimplementasikan dikelas yang dibimbing oleh kepala sekolah dan dapat diterima oleh peserta didik pada saat pembelajaran dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iklil Madjid mudhoffar Muhammad Azam
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:24
Last Modified: 08 Jun 2023 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24066

Actions (login required)

View Item View Item