Gunawan, Jessica (2023) Pengaruh prokrastinasi akademik dan self-efficacy terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Jessica Gunawan_T20198030.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya berbagai macam faktor internal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satu faktor mempengaruhi hasil belajar adalah prokrastinasi akademik dan self-efficacy yang merupakan bentuk psikologi dalam diri siswa yang penting yang dapat mempengaruhi dan mendorong siswa untuk memenuhi tuntutan dari berbagai ketentuan yang telah ditetapkan sekolah.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana prokrastinasi akademik siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember? 2) Bagaimana self-efficacy siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember? 3) Bagaimana hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember? 4) Adakah pengaruh prokrastinasi akademik dan self-efficacy secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN Jember? 5) Adakah pengaruh prokrastinasi akademik dan self-efficacy secara individu terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN Jember?
Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mendeskripsikan prokrastinasi akademik, self-efficacy, dan hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember. Untuk mengetahui pengaruh prokrastinasi akademik dan self-efficacy secara bersama-sama dan secara individu terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal, menggunakan metode survey yang dilakukan di MAN 1 Jember. Populasi meliputi siswa kelas X MIPA. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 151 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan clauster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS version 25 for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Prokrastinasi akademik siswa di MAN 1 Jember dalam kategori rendah sebesar 49%, 2) Self-efficacy siswa di MAN 1 Jember dalam kategori tinggi sebesar 82%, 3) Hasil belajar siswa di MAN 1 Jember dalam kategori sangat tinggi sebesar 50%, 4) Terdapat pengaruh signifikan prokrastinasi akademik dan self-efficacy secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember dengan hasil uji F diperoleh Fhitung = 73,476 lebih besar dari Ftabel = 3,060 dengan taraf kepercayaan 0,05. 5) Terdapat pengaruh signifikan prokrastinasi akademik dan self-efficacy secara individu terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Jessica Gunawan |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 07:12 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 07:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24141 |
Actions (login required)
View Item |