Analisis Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita HOTS Materi Teorema Phytagoras Ditinjau dari Tahapan Berpikir Van Hiele

Muawanah, Risalatul (2023) Analisis Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita HOTS Materi Teorema Phytagoras Ditinjau dari Tahapan Berpikir Van Hiele. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Risalatul Muawanah_T20197120.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan matematis yang
sangat penting dalam proses pembelajaran matematika. Karena matematika
merupakan suatu ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui bernalar. Dalam hal ini,
peneliti menguji penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita HOTS
materi teorema Pythagoras dan meninjau penalaran matematis siswa berdasarkan
tahapan berpikir Van Hiele. Salah satu teori belajar yang dapat digunakan untuk
proses pembelajaran geometri yaitu teori belajar Van Hiele. Teori Van Hiele
memiliki 5 tahapan berpikir yaitu: 1) Tahap 0 (Visual); 2) Tahap 1 (Analisis); 3)
Tahap 2 (Deduksi Informal); 4) Tahap 3 (Deduksi Formal); dan 5) Tahap 4 (Rigor).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis penalaran matematis siswa
dalam menyelesaikan soal cerita HOTS Materi Teorema Pythagoras ditinjau dari
tahapan berpikir Van Hiele. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis
penelitian kualitatif. Dimana, penelitian kualitatif adalah riset yang bersifat
deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu: 1) Reduksi Data; 2) Penyajian
data; dan 3) Penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil dari Van Hiele
Geometry Test pada siswa kelas VIII-B MTS Annuriyyah berada pada 3 tingkat
yaitu tingkat 0 (visual), tingkat 1 (analisis), dan tingkat 2 (deduksi informal). Pada
masing-masing tingkatan terdiri dari 82% atau 27 siswa pada tahap 0 (Visual), 12%
atau 4 siswa pada tahap 1 (Analisis), pada tahap 2 (Deduksi Informal) terdapat 6%
atau 2 siswa, dan dari 33 siswa tidak ada yang mencapai tingkat 3 (Deduksi Formal)
dan tingkat 4 (Rigor). Adapun pada hasil analisis penalaran matematis siswa dalam
menyelesaikan soal cerita HOTS materi teorema Pythagoras ditinjau dari tahapan
berpikir Van Hiele diperoleh bahwa siswa yang berada pada tingkat 0 (visual) pada
Van Hiele memiliki tingkat penalaran matematis yang rendah, siswa yang berada
pada tingkat 1 (analisis) pada Van Hiele memiliki tingkat penalaran matematis
sedang, dan siswa yang berada pada tingkat 2 (deduksi informal) pada Van Hiele
memiliki tingkat penalaran matematis yang tinggi.

Kata Kunci : Penalaran Matematis, Soal Cerita HOTS, Tahapan Berpikir Van
Hiele.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010201 Approximation Theory and Asymptotic Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Risalatul Muawanah
Date Deposited: 15 Jun 2023 09:33
Last Modified: 15 Jun 2023 09:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24229

Actions (login required)

View Item View Item