Pengaruh Strategi Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS Di MTs Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

Imaniah, Rafita (2023) Pengaruh Strategi Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS Di MTs Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rafita Imaniah_T20199037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Problem based learning adalah strategi yang berfokus pada peserta didik untuk berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pre-Experimental Design dengan perlakuan one-grup pretest-postest, dimana terdapat perlakuan sebelum menerapkan problem based learning dan sesudah menerapkan problem based learning, sehingga hasil penelitian yang diperoleh lebih akurat. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui pengaruh strategi problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di MTs Negeri 2 Banyuwangi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada penerapan strategi problem based learning pada kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS Kelas VII MTs Negeri 2 Banyuwangi, dengan uji one sample test, yg uji tan hitung lebih besar dari t tabel, yakni 4,082 ˃ 2,060. Dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.
Kata kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis dan Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160807 Sociological Methodology and Research Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Rafita Imaniah
Date Deposited: 16 Jun 2023 06:54
Last Modified: 16 Jun 2023 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24253

Actions (login required)

View Item View Item