Ulfa Nurjanah, Rovita (2023) UPAYA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MENULIS PADA SISWA KELAS TUNADAKSA DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI BRANJANGAN KABUPATEN JEMBER TAHUN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
ROVITA TERBARU - FIKSSS-1.pdf Download (3MB) |
Abstract
Rovita Ulfa Nurjanah, 2023: Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajr
Menulis pada Siswa Kelas Tunadaksa di SLB Negeri Branjangan Kabupaten
Jember Tahun 2022/2023.
Kata Kunci: Upaya guru, Meningkatkan Minat Belajar menulis, Tunadaksa
Minat belajar merupakan ketertarikan siswa pada materi pelajaran,
sehingga siswa mengikuti serta menyimak mata pelajaran tersebut dengan
perasaan senang serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Minat memiliki peran
besar dalam proses pembelajaran. Sedangkan menulis adalah tahap awal dalam
proses pembelajaran, jika tahap ini belum terselesaikan dengan baik, maka siswa
akan mengalami kesulitan dalam menerima materi pembelajaran dari gurunya.
Namun kenyataannya, masih banyak permasalahan tentang rendahnya minat
belajar pada siswa. Berdasarkan data yang diperoleh penulis, masih banyaknya
siswa kelas tunadaksa yang memiliki minat belajar rendah, khususnya pada saat
proses belajar menulis. Guru memiliki pengaruh besar terhadap proses
pembelajaran, guru merupakan satu-satunya sumber dan seseorang yang selalu
mendampingi siswa kelas tunadaksa secara langsung dalam proses pembelajaran.
Fokus masalah dalam penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana minat
belajar menulis pada siswa kelas tunadaksa di SLB Negeri Branjangan Kabupaten
Jember Tahun 2022/2023?, 2) Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam
meningkatkan minat belajar menulis pada siswa kelas tunadaksa di SLB Negeri
Branjangan Kabupaten Jember Tahun 2022/2023?.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif.
Dalam pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru kelas tunadaksa
sebanyak 3 orang. Pada analisis data menggunakan teknik pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi, dalam
penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Minat belajar menulis siswa kelas
tunadaksa tergolong tinggi, hal ini dilihat dari siswa memiliki semangat, fokus
pada meteri yang diberikan gurunya serta keikut sertaan siswa dalam proses
belajar menulis. 2) Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar menulis pada
kelas tunadaksa, adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran menarik,
memberikan reward, mengajar dengan strategi khusus dan membangun kedekatan
dengan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya guru, Meningkatkan Minat Belajar menulis, Tunadaksa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Rovita Ulfa Nurjanah |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 07:23 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 07:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24345 |
Actions (login required)
View Item |