Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di MI Al-Huda Jember

Fatimah, Nurul Izza (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di MI Al-Huda Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Nurul Izza Fatimah_T20184049.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar peserta didik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya ialah model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan peneliti untuk mencari tahu tentang pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar Matematika peserta didik kelas V di MI Al Huda Jember. Rumusan penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar Matematika peserta didik kelas V di MI Al Huda Jember?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar Matematika peserta didik kelas V di MI Al Huda Jember.
Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan pre-experimental design tipe one group pretest-posttest (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Subjek penelitian menggunakan sampel berjumlah 14 responden peserta didik kelas V di MI Al Huda Jember. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes (pretest posttest).
Hasil penelitian ini adalah nilai hasil belajar pretest terdiri dari baik sekali sebanyak 2 orang (14,3%), baik sebanyak 3 orang (21,4%), cukup baik sebanyak 4 orang (28,6%), dan kurang baik sebanyak 5 orang (35,7%). Sedangkan nilai hasil belajar posttest terdiri dari nilai posttest terdiri dari baik sekali sebanyak 5 orang (35,7%), baik sebanyak 6 orang (42,9%), cukup baik sebanyak 2 orang (14,3%), dan kurang baik sebanyak 1 orang (7,1%). Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, nilai rata-rata pretest adalah 67,14 sedangkan nilai posttest adalah 82,14 yang menunjukkan perbedaan yang signifikan atau nyata. Begitu juga hasil uji t antara nilai hasil belajar pretest dan posttest menunjukkan perbedaan yang siignifikan. Dengan demikian model Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika.

Kata Kunci : Model Two Stay Two Stray; Hasil Belajar; Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Izza Fatimah
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:34
Last Modified: 20 Jun 2023 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24352

Actions (login required)

View Item View Item