Imania, Sari warda (2023) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK NILAI AGAMA DAN MORAL KELOMPOK A DI SENTRA IMAN DAN TAQWA RAUDHATUL ATHFAL AS-SHOFA JUBUNG KECAMATAN SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
Skripsi Sari Warda Imania watermak.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi Sari Warda Imania watermak.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sari Warda Imania, 2022: Upaya Guru Dalam Mengembangkan Aspek Nilai Agama Dan Moral Kelompok A Di Sentra Iman Dan Taqwa Raudhatul Athfal As-Shofa Jubung Sukorambi Jember.
Kata Kunci: Nilai Agama Dan Moral, Pembelajaran Sentra Iman Dan Taqwa
Nilai agama dan moral merupakan usaha membentuk manusia bermoral dan berakhlak mulia sesuai dengan ajaran agama islam. Pendidikan nilai agama dan moral memberikan peran dalam upaya mengembangkan serta menciptakan generasi beragama, bermoral, beradab dan bermartabat. Raudhatul Athfal As-Shofa Jubung Sukorambi Jember menerapkan sentra iman dan taqwa. Sentra iman dan taqwa merupakan sentra yang memberikan kesempatan kepada anak kelompok A mempelajari nilai-nilai, aturan-aturan agama sehingga anak bisa mengembangkan keimanan dan ketaqwaan melalui pembiasaan sehari-hari.
Fokus penelitian ini adalah :1)Upaya guru dalam mengembangkan aspek nilai yang bersifat normatif kelompok A disentra iman dan taqwa di Raudhatul Athfal As-Shofa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. 2)Upaya guru dalam mengembangkan aspek nilai yang bersifat operatif
kelompok A disentra iman dan taqwa Raudhatul Athfal As-Shofa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember.
Tujuan penelitian ini adalah : 1)Mendeskripsikannbagaimana upaya guru
dalam mengembangkan aspek nilai yang bersifat normatif kelompok A di sentra iman dan taqwa Raudhatul Athfal As-Shofa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. 2)Mendeskripsikan upaya guru dalam mengembangkan
aspek nilai yang bersifat operatif kelompok A disentra iman dan taqwa Raudhatul Athfal As-Shofa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatifdan jenis penelitian
yaitu deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah yaitu Ibu Anita Krismasari S.pd, guru sentra imtaq yaitu Ibu Siti Zainab dan Ibu Siti Fatonah,
siswa kelompok A. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara terstruktur, observasi partisipatif dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data yang dilakukan selama 30 hari lamanya dengan
teknik sampling, reduksi data rangkuman pokok-pokok masalah, penyajian data penyususnan data, kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap penelitian di antaranya melalui tahap pra-lapangan, tahap pelaksanaan lapangan, tahapan analisis data.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan: 1)perkembangan nilai yang bersifat normatif merupakan perkembangan yang berbasis keimanan dan ketaqwaan yang baik. Perkembangan nilai yang bersifat
normatif disentra iman dan taqwa dapat diterapkan metode pembiasaan seperti sholat dhuha berjamaah, pembacaan surat-surat pendek, serta hadis sederhana. 2)
perkembangan nilai yang bersifat operatif merupakan perkembangan yang meliputi perbuatan seperti anak terbiasa menolong, saling memaafkan, saling
membantu, tidak mengganggu temannya, tertib, disiplin waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Sari Warda Imania |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 09:14 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 09:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24459 |
Actions (login required)
View Item |