Upaya Mengembangkan Motorik untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak di MI Nurul Islam Petahunan Sumbersuko Lumajang

Islamiyah, iqlil (2023) Upaya Mengembangkan Motorik untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak di MI Nurul Islam Petahunan Sumbersuko Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IQLIL SUA’IBATUL ISLAMIYAH_D20183095.pdf

Download (2MB)

Abstract

Banyak anak usia dini pada zaman millennial ini yang membutuhkan pendampingan dalam berkembang, terutama perkembangan motoriknya. Tak sedikit yang mengalami keterlambatan pada motorik anak, baik motorik halus atau kasar. Hal itu menjadi problem dalam perkembangan anak di masa depannya dan problem ketika di sekolah, seperti terlambat dalam belajar, dijauhi teman dan sebagainya. Adapun untuk mengupayakan agar anak mampu mengembangkan motoriknya yaitu dengan dilakukan beberapa kegiatan, seperti dalam pengembangan motorik halus maka anak diberi kegiatan membaca, menulis, dan kegiatan menggambar untuk membantu mencairkan suasana otak anak agar lebih bahagia, jika dalam pengembangan motorik kasar maka anak diajarkan kegiatan yang berhubungan dengan otot besar atau fisik dengan tenaga besar.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) bagaimana upaya mengembangkan motorik halus untuk meningkatkan kepercayaan diri anak di MI Nurul Islam Petahunan Sumbersuko Lumajang? 2) bagaimana upaya mengembangkan motorik kasar untuk meningkatkan kepercayaan diri anak di MI Nurul Islam Petahunan Sumbersuko Lumajang? Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui upaya mengembangkan motorik halus untuk meningkatkan kepercayaan diri anak di MI Nurul Islam Petahunan Sumbersuko Lumajang. 2) untuk mengetahui upaya mengembangkan motorik kasar untuk meningkatkan kepercayaan diri anak di MI Nurul Islam
Petahunan Sumbersuko Lumajang.
Untuk mengidentifikasi permasalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh di lapangan dianalisis dengan menggunakan
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) upaya untuk mengembangkan motorik halus anak ada tiga kegiatan, yakni kegiatan membaca dengan melakukan kegiatan membaca secara bergantian dan dilakukan setiap hari, kegiatan menulis
dengan mengajarkan agar anak terbiasa menulis dan mengajari anak mudah mengenal huruf, dan kegiatan menggambar menjadi kegiatan yang disukai anak karena bisa menyegarkan suasana hati mereka. 2) upaya untuk mengembangkan motorik kasar yaitu dengan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan fisik
seperti berlari, melompat dan berolahraga, dengan kegiatan tersebut akan melatih otak anak berkoordinasi dengan anggota tubuhnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Iqlil Sua'ibatul Islamiyah
Date Deposited: 26 Jun 2023 00:45
Last Modified: 26 Jun 2023 00:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24533

Actions (login required)

View Item View Item