Penerapan Strategi Pembelajaran Simulasi Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 3 Maron Kabupaten Probolinggo Tahun 2022/2023

Yuliatin, Nur (2023) Penerapan Strategi Pembelajaran Simulasi Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 3 Maron Kabupaten Probolinggo Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Yuliatin_T20199045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi pembelajaran simulasi, IPS.
IPS merupakan mata pelajaran yang proses pembelajarannya sangat
imajinatif, banyak khayalan yang perlu dideskripsikan melalui data-data
berbentuk materi ajar yang rinci, melalui penerapan strategi pembelajaran
simulasi peserta didik dapat memperagakan secara langsung tentang materi yang
dipelajari sehingga peserta didik tidak hanya membayangkan apa yang dijelaskan
oleh pendidik. Dengan terlibatnya peserta didik secara langsung dalam
pembelajaran peserta didik menjadi lebih mudah dalam memahami materi yang
dipelajari, selain itu juga dengan strategi pembelajaran simulasi peserta didik
menjadi lebih tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran IPS.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan penerapan strategi
pembelajaran simulasi pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Maron
Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana pelaksanaan
penerapan strategi pembelajaran simulasi pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri
3 Maron Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana
evaluasi dari penerapan strategi pembelajaran simulasi pada mata pelajaran IPS di
SMP Negeri 3 Maron Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2022/2023?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan
penerapan strategi pembelajaran simulasi pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri
3 Maron Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2022/2023. 2) Untuk
mendeskripsikan pelaksanaan strategi pembelajaran simulasi pada mata pelajaran
IPS di SMP Negeri 3 Maron Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2022/2023.
3) Untuk mendeskripsikan evaluasi dari penerapan strategi pembelajaran simulasi
pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Maron Kabupaten Probolinggo tahun
pelajaran 2022/2023.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari
reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: (1) perencanaan penerapan strategi pembelajaran simulasi
pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Maron meliputi kesiapan pendidik dan
kesiapan peserta didik. (2) Pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran simulasi
pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Maron dilakukan dengan menetapkan
topik, pembentukan kelompok, pembagian tugas, pelaksanaan simulasi,
pemantauan kegiatan simulasi dan penilaian. (3) Evaluasi penerapan strategi
pembelajaran simulasi pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Maron diukur
melalui pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan, ketertarikan
dan antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran IPS, serta diukur dalam
bentuk nilai yang menjadi lebih baik dan meningkat di atas KKM ketika
diterapkan strategi simulasi.
i

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Nur Yuliatin
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:27
Last Modified: 26 Jun 2023 01:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24589

Actions (login required)

View Item View Item