Implementasi Peraturan Bupati Nomor 59 Tahun 2021 Dalam Pelaksanaan Program Parenting Itu Penting (PIP) Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Perspektif Hukum Islam

Rofiqoh, Isnaini (2023) Implementasi Peraturan Bupati Nomor 59 Tahun 2021 Dalam Pelaksanaan Program Parenting Itu Penting (PIP) Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Perspektif Hukum Islam. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_ISNAINI_ROFIQOH_WATERMARK[1].pdf

Download (2MB)

Abstract

Isnaini Rofiqoh, 2023. Implementasi Peraturan Bupati Nomor 59 Tahun 2021 Dalam Pelaksanaan Program Parenting Itu Penting (PIP) Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Perspektif Hukum Islam.
Kata Kunci: Perbup No. 59 Tahun 2021, Program Parenting Itu Penting (PIP), Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Hukum Islam.
Program Parenting Itu Penting (PIP) adalah program Inovasi Daerah yang digagas oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi untuk mengatasi kegelisahan orang tua dalam mendidik anak ketika berada di rumah. Mengingat orang tua memiliki kewajiban dalam mendidik anak. Pola asuh atau cara bagaimana orang tua mengasuh dan mendidik anak terdapat suatu seni di dalamnya yang memang ada ilmunya. Salah satu usaha dalam memperluas wawasan terkait pola asuh atau parenting terutama bagi orang tua yang berada di wilayah Kabupaten Banyuwangi adalah melalui Program Parenting Itu Penting (PIP).
Berdasarakan uraian yang telah dijelaskan di atas fokus penelitian dalam studi ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi Peraturan Bupati Nomor 59 tahun 2021 dalam pelaksanaan program Parenting Itu (PIP) Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi?, 2) Bagaimana pelaksanaan program Parenting Itu Penting (PIP) Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi dalam Perspektif Hukum Islam?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui implementasi Peraturan Bupati Nomor 59 tahun 2021 dalam pelaksanaan program Parenting Itu (PIP) Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan program Parenting Itu Penting (PIP) Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi dalam Perspektif Hukum Islam.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris dengan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan yaitu dengan kondensasi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Dalam pelaksanaan program Parenting Itu Penting (PIP) Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi sudah menerapkan pedoman teknis pelaksanaan yang sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 59 Tahun 2021. 2) Dalam Hukum Islam mendidik anak adalah sebuah kewajiban bagi orang tua, dalam mendidik anak orang tua harus mempunyai ilmu terkait pola asuh atau parenting agar tidak salah dalam mendidik anak. Program Parenting Itu Penting (PIP) ini menjadi solusi bagi orang tua yang ingin memperluas wawasan terkait parenting. Maka dari itu suatu kewajiban bagi Dinas Pendidikan untuk menyelenggarakan program Parenting Itu Penting (PIP) agar orang tua memahami cara mendidik anak dengan baik dan suatu kewajiban bagi orang tua untuk mengikuti program ini agar terlaksananya kewajiban sebagai pendidik utama bagi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012813 Hadhanah (Child Custody, Guardianship)
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Mrs. Isnaini Rofiqoh
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:48
Last Modified: 26 Jun 2023 01:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24627

Actions (login required)

View Item View Item