Muhlishoh, Humairoul (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN INTEGRASI AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM DI MA ATQIA BONDOWOSO. Masters thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
HUMAIROUL MUHLISHOH WATERMARK.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Integrasi Al-Qur‟an pada Mata Pelajaran Sains, Mutu
Pendidikan Islam
Sebagai media refleksi umat Islam, harus diakui bahwa dunia pendidikan Islam masih
diselimuti berbagai problematika yang belum terurai dari masa ke masa. Penelitian ini adalah
tentang manajemen pembelajaran yang mengintegrasikan antara al-qur‟an dan sains.
Fokus penelitian : 1). Bagaimana perencanaan (planning) pembelajaran integrasi al�qur‟an dan sains dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di MA Atqia Bondowoso? 2).
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran integrasi al-qur‟an pada mata pelajaran sains untuk
meningkatkan mutu pendidikan Islam di MA Atqia Bondowoso? 3). Bagaimana evaluasi
pembelajaran integrasi al-qur‟an pada mata pelajaran sains dalam meningkatkan mutu
pendidikan Islam di MA Atqia Bondowoso?
Tujuan penelitian: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan (planning) pembelajaran
integrasi al-qur‟an pada mata pelajaran sains dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di
MA Atqia Bondowoso. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran integrasi al�qur‟an pada mata pelajaran sains dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di MA Atqia
Bondowoso. 3) Untuk mendeskripsikan hasil evaluasi pembelajaran integrasi al-qur‟an pada
mata pelajaran sains dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di MA Atqia Bondowoso.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis study kasus. Teknik
pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Penentuan Subyek
menggunakan purposive, sumber data berupa informan, kegiatan dan dokumen. Analisis data
pada penelitian ini menggunakan kondensasi data (condensation), pemaparan data (data
display), penarikan atau verifikasi kesimpulan (drawing and verifiying conclution). Uji
keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan pengecekan
anggota (member check).
Hasil penelitiannya : (1) Perencanaan pembelajaran integrasi di lakukan dari awal sejak
digagaskan ketua yayasan selaku pendiri MA Atqia, kemudian dilanjutkan oleh kepala
madrasah dengan membentuk tim demi tercapainya tujuan mengintegrasikan al-qur‟an pada
setiap mata pelajaran yang mengandung materi sains (biologi, fisika, kimia). Dalam
perencanaan pembelajaran setiap guru mata pelajaran sains dan guru mata pelajaran al-qur‟an
hadits berkolaborasi serta membagi tugas pada kegiatan integrasi al-qur‟an pada mata pelajaran
sains, seperti: menyusun rincian pekan efektif (rpe), silabus, program semester (promes),
program tahunan (prota), dan rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp). (2) Pelaksanaan
manajemen pembelajaran yang mengintegrasi al-quran pada mata pelajaran yang bermuatan
materi sains seperti biologi, fisika dan kimia. Pelaksanaan pembelajaran dibagi menjadi tiga
kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. (3) Evaluasi
Pembelajaran yang mengintegrasi al-qur‟an dan sains dilakukan dalam dua bentuk, yakni
evaluasi secara manajerial dan evaluasi pembelajaran yang di bagi berdasarkan waktunya
dibagi menjadi dua, yaitu: evaluasi ketika materi selesai dikaji setelah tiga pertemuan (ujian
materi) dan evaluasi harian yang dilakukan setiap pertemuan (ujian harian) secara lisan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Humairoul Muhlishoh |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 08:00 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 08:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24748 |
Actions (login required)
View Item |