PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI GAYA BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 JENGGAWAH JEMBER

Anggraeni, Wahyu (2023) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI GAYA BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 JENGGAWAH JEMBER. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wahyu Anggraeni_0849319049.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK

Wahyu Anggraeni, PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI GAYA BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 JENGGAWAH JEMBER

Guru memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa, dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran yang digunakan guru saat mengajar di kelas, akan tetapi tidak semua siswa memperhatikan dan memahami apa yang disampaikan oleh guru pendidikan agama Islam. Hal ini menunjukkan bahwa gaya belajar setiap siswa itu tidak sama, cara mereka menyerap materipun tidak sama, beberapa siswa menyerap materi dengan baik dengan cukup mendengarkan guru berceramah, ada pula mereka yang harus membaca dulu baru paham materinya dan banyak lagi karakteristik lainnya. Keberhasilan dalam belajar dapat diukur dari hasil belajar siswa atau prestasi belajarnya, jika siswa menyerap informasi dengan baik maka hasil belajar atau prestasi belajarnya pun akan bagus dan sebaliknya. Maka dari itu perlu ditelaah gaya belajar siswa dalam upaya mengembangkan prestasi belajarnya.
Fokus penelitian ini meliputi; 1. Bagaimana Peningkatan prestasi belajar pendidikan agama islam melalui gaya belajar visual di sekolah menengah pertama negeri 1 jenggawah?; 2. Bagaimana Peningkatan prestasi belajar pendidikan agama islam melalui gaya belajar auditorial di sekolah menengah pertama negeri 1 jenggawah?, 3. Bagaimana Peningkatan prestasi belajar pendidikan agama islam melalui gaya belajar kinestetik di sekolah menengah pertama negeri 1 jenggawah?. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar pendidikan agama islam melalui gaya belajar siswa di sekolah menengah pertama negeri 1 jenggawah
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi wakil kepala kesiswaan, guru PAI dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi diantaranya triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Tahapan-tahapan penelitian yakni tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data.
Hasil temuan dari penelitian ini pertama, memberikan tugas membaca materi pembelajaran yang ada di buku, mengamati gambar sesuai materi, mengamati video pembelajaran, presentasi di depan kelas serta melaksanakan postest di akhir pembelajaran. kedua, mendengarkan guru ceramah, diskusi, mendengarkan tape recorder, presentasi di depan kelas serta melaksanakan postest di akhir pembelajaran. ketiga, Menulis poin-poin penting yang ada dalam materi, membuat peta konsep, mempraktekkan penyembelihan hewan, presentasi dan di akhiri dengan postest di akhir pembelajaran.

Kata kunci: Gaya belajar siswa, Prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wahyu Anggraeni Anggraeni
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:49
Last Modified: 03 Jul 2023 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24831

Actions (login required)

View Item View Item