Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak melalui Pengajian Kitab Bidayatul Hidayah di MA Unggulan Nuris Jember

Mahsyariyah, Fathimah (2023) Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak melalui Pengajian Kitab Bidayatul Hidayah di MA Unggulan Nuris Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fathimah Mahsyariyah_0849319036.pdf

Download (4MB)

Abstract

Manusia yang memiliki karakter itu diperlukan bagi bangsa Indonesia ini yang
bertujuan untuk mewujudkan kehidupan aman dan sejahtera. Karena masa depan bangsa
tergantung karakter dan akhlak manusia itu sendiri. Al-Ghazali dalam sebuah karyanya
Bidayatul Hidayah memberikan petunjuk amalan-amalan yang dilakukan dengan baik
dan adab-adab untuk melaksanakan amal ibadah. Ada beberapa alasan yang melatar￾belakangi pentingnya kitab Bidayatul Hidayah dikaji karena pemikiran tersebut banyak
memberikan konstribusi terutama pada pembentukan manusia yang beriman, bertaqwa
dan berakhlak mulia. MA Unggulan Nuris Jember merupakan salah satu lembaga formal
di pondok pesantren Nuris Jember dengan konsep Boarding School. Diantara kegiatan￾kegiatan yang dilakukan secara rutin setiap hari senin adalah pengajian kitab Bidayatul
Hidayah sebagai rujukan dengan harapan dapat memberikan pemahaman pendidikan
agama Islam dan mencetak manusia yang berakhlak.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan
Akhlak melalui Pengajian Kitab Bidayatul Hidayah di MA Unggulan Nuris Jember yang
telah difokuskan dalam fokus penelitian, yaitu 1) Bagaimana tahap transformasi nilai
pendidikan akhlak melalui pengajian kitab Bidayatul Hidayah di MA Unggulan Nuris
Jember?, 2) Bagaimana tahap transaksi nilai pendidikan akhlak melalui pengajian kitab
Bidayatul Hidayah di MA Unggulan Nuris Jember?, 3) Bagaimana tahap trans￾internalisasi nilai pendidikan akhlak melalui pengajian kitab Bidayatul Hidayah di MA
Unggulan Nuris Jember?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus.
Subjek dalam penelitian ini meliputi Kiai, kepala madrasah, guru dan siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi partisipasif pasif, wawancara semi terstruktur
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif
dengan model interaktif yang berpedoman pada Miles Huberman dan Johny Saldana
yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak
melalui Pengajian Kitab Bidayatul Hidayah di MA Unggulan Nuris Jember yaitu 1) tahap
transformasi Kyai Muhyiddin Abdus Shomad menggunakan metode berceramah yang
bertujuan pada kognitif siswa. tolak ukur keberhasilannya adalah mengerjakan soal-soal.
2) Tahap transaksi Kyai Muhyiddin Abdus Shomad dan para siswa saling mengamalkan
ilmu yang telah dipelajari seperti kedisiplinan dan datang tepat waktu dan pemberian
hadiah bagi yang berprestasi, tahap ini melatih psikomotorik dan memotivasi siswa. 3)
tahap trans-internalisasi Kyai Muhyiddin Abdus Shomad menggunakan metode
keteladanan dan mendoakan, tahap trans-internalisasi ini gabungan antara pengetahuan,
pengamalan dan penghayatan sehingga menjadi tabiat yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Ms Fathimah Mahsyariyah
Date Deposited: 03 Jul 2023 08:08
Last Modified: 03 Jul 2023 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24836

Actions (login required)

View Item View Item