Pengaruh penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA di SMA Negeri Candipuro Lumajang tahun pelajaran 2022/2023

Nilatul, Muffidah (2023) Pengaruh penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA di SMA Negeri Candipuro Lumajang tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nilatul Muffidah_T20198028.pdf

Download (10MB)

Abstract

Biologi merupakan salah satu cabang ilmu sains yang bersifat abstrak. Sehingga dalam belajar biologi siswa harus memiliki keterampilan proses sains agar lebih mudah dalam menerima materi pelajaran. Akan tetapi keterampilan proses sains masih jarang diperhatikan contohnya guru masih jarang bahkan tidak pernah melakukan praktikum. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang guru terapkan kurang tepat. Oleh karena itu perlu kiranya guru menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran biologi. Sehingga jika model pembelajaran yang digunakan guru tepat dan sesuai maka keterampilan proses sains siswa akan terstimulasi sehingga memudahkan siswa untuk menerima pelajaran dan akibatnya hasil belajar siswa akan meningkat.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis merumuskan permasalahan yang menarik untuk dikaji yaitu 1) Bagaimanakah keterampilan proses sains siswa setelah diberi perlakuan pada pembelajaran materi sistem ekskresi manusia kelas XI IPA di SMA Negeri Candipuro Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan pada pembelajaran materi sistem ekskresi manusia kelas XI IPA di SMA Negeri Candipuro Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023? 3) Adakah pengaruh Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem ekskresi manusia kelas XI IPA di SMA Negeri Candipuro Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023? 4) Adakah pengaruh Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia kelas XI IPA di SMA Negeri Candipuro Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023?
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa setelah diberi perlakuan pada pembelajaran materi sistem ekskresi kelas XI IPA di SMA Negeri Candipuro Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah setelah diberi perlakuan pada pembelajaran materi sistem ekskresi kelas XI IPA di SMA Negeri Candipur Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA di SMA Negeri Candipuro Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. 4) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA di SMA Negeri Candipuro Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Quasy Eksperimental Design dengan bentuk penelilitan Nonequivalent Control Group Design Posttest Only Design. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, sampel yang terpilih yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengimpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample T Test.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) keterampilan proses sains kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. 2) nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap keterampilan proses sains dengan perolehan nilai sig 0,019 < 0,05. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar siswa dengan perolehan nilai sig 0,000 < 0,05.

Kata kunci: model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), keterampilan proses sains, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Nilatul_ Muffidah
Date Deposited: 04 Jul 2023 05:01
Last Modified: 04 Jul 2023 05:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24907

Actions (login required)

View Item View Item