Peran Guru dalam Mengatasi Bullying pada Peserta Didik Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Ajung Jember

Damayanti, Devi (2023) Peran Guru dalam Mengatasi Bullying pada Peserta Didik Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DEVI DAMAYANTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perilaku bullying dapat terjadi dimana dan kapan saja terlebih di lingkungan sekolah. Tindakan tersebut dilakukan secara berulang, sehingga terdapat perbedaan antara pelaku dan korban bullying. Hal ini dikuatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak yang menyatakan bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Pembahasan tentang bullying berdasarkan hasil penelitian Amy Huncek menunjukkan bahwa 10-60% peserta didik Indonesia diejek, ditendang atau didorong. Sehingga penelitian ini untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana peran guru dalam mencegah, mengatasi serta meminimalisir bullying.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk – bentuk bullying yang terjadi pada peserta didik kelas II di MI Al Azhar Ajung Jember? 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisi peran guru dalam mengatasi bullying pada peserta didik kelas II di MI Al-Azhar Ajung Jember. 3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi guru dalam mengatasi bullying pada peserta didik kelas II di MI Al-Azhar Ajung Jember. 4) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis hambatan dan solusi guru dalam mengatasi bullying pada peserta didik kelas II di MI Al-Azhar Ajung Jember.
Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis yang digunakan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini: (1) Bentuk-bentuk bullying terbagi menjadi 4: fisik, verbal, mental/psikologis, dan cyberbullying (2) Peran guru MI Al Azhar Ajung Jember yaitu guru berperan sebagai penasihat dengan pendekatan persuasif serta guru berperan sebagai pembimbing secara individual maupun klasikal guna mencegah, mengatasi dan meminimalisir bullying. Hal ini sesuai dengan teori Prey Katz yang mendefinisikan peran guru sebagai komunikator, peran guru sebagai sahabat yang memberi nasihat, dan pembimbing dalam pengembangan sikap dan tingkah laku. (3) Strategi guru yaitu: pembelajaran religius melalui pembiasaan sehari-hari, melalui pendidikan karakter peduli sosial dan bekerjasama dengan guru dan orang tua peserta didik. (4) Hambatan yang dialami guru dalam mengatasi bullying yaitu belum menemukan cara kreatif yang edukatif guna memberikan pemahaman pada peserta didik dan peran orang tua berkurang untuk mencegah dan mengatasi perilaku bullying. Sehingga solusi yang dilakukan adalah dibutuhkannya media pembelajaran tentang bullying secara kreatif, inovatif dan edukatif dan guru menjalin komunikasi dengan orang tua masing-masing peserta didik secara berkala.
Kata kunci: Peran Guru, Bullying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Skripsi Perpustakaan Devi Damayanti
Date Deposited: 05 Jul 2023 01:17
Last Modified: 05 Jul 2023 01:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24954

Actions (login required)

View Item View Item