Pembelajaran tradisional engklek dalam mengembangkan motorik kasar anak pada kelompok A2 di Raudhatul Athfal Al Ihsan Sumbersari Kabupaten Jember tahun ajaran 2022/2023

Firdah Maula, Fatma Suari (2023) Pembelajaran tradisional engklek dalam mengembangkan motorik kasar anak pada kelompok A2 di Raudhatul Athfal Al Ihsan Sumbersari Kabupaten Jember tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN K.H ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
FIRDAH MAULA FATMA SUARI_T20195021.pdf

Download (6MB)

Abstract

Fisik motorik merupakan salah satu aspek yang penting dalam perkembangan
anak usia dini, karena perkembangan dan pertumbuhan fisik anak terjadi dari mereka
bayi sampai dewasa. Perkembangan psiko motorik khususnya anak usia dini
sebagaimana yang dilakukan di RA Al-Ihsan telah menerapan suatu pembelajaran
melalui sebuah permainan tradisional engklek yang dapat melatih kekuatan otot kaki,
melatih kelincahan tubuh anak saat bergerak, dan melatih keseimbangan tubuh anak.
Fokus penelitian ini yakni: 1) Bagaimana guru merencanakan pembelajaran
tradisional engklek dalam mengembangkan motorik kasar anak pada kelompok A2 di
RA Al Ihsan Sumbersari Kabupaten Jember tahun ajaran 2022/2023. 2) Bagaimana
bentuk pembelajaran tradisional engklek dalam mengembangkan motorik kasar anak
pada kelompok A2 di RA Al Ihsan Sumbersari Kabupaten Jember tahun ajaran
2022/2023. 3) Apa dampak pembelajaran tradisional engklek dalam mengembangkan
motorik kasar anak pada kelompok A2 di RA Al Ihsan Sumbersari Kabupaten
Jember tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun jenis
penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research). Adapun
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, wawancara,
dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber
dan teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1)Guru dalam merencanakan
pembelajaran tradisional engklek dalam mengembangkan motorik kasar anak pada
kelompok A2 terdiri dari 9 tahapan, yakni Melakukan rapat membahas kurikulum
yang akan diterapkan, Menentukan tujuan, Mengidentifikasi bentuk pembelajaran
tradisional engklek, Menyusun prota, prosem, RPPM dan RPPH, Menyiapkan media
pembelajaran, Mengatur waktu pembelajaran, Membuat lembar penilaian,
Memberikan informasi kepada orang tua, Melakukan evaluasi. 2)Bentuk pelaksanaan
pembelajaran tradisional engklek dalam mengembangkan motorik kasar anak pada
kelompok A2 ada 4, yakni Guru menjelaskan pembelajaran tradisional engklek, Guru
mencontohkan pembelajaran tradisional engklek, Siswa berbaris sesuai dengan jenis
kelamin, dan siswa yang mendapatkan giliran bermain melempar koin pada kotak
pertama, jika koin keluar dari kotak maka dinyatakan gugur dan pemain kembali ke
barisan paling belakang dan digantikan pemain selanjutnya. Siswa meloncat
menggunakan satu kaki melewati setiap kotak, dan kotak yang terdapat koin di
dalamnya tidak boleh diinjak. Siswa harus melewati kotak-kotak sampai pada kotak
paling akhir, dan kembali dengan tetap keadaan kaki diangkat satu sambil
membungkukkan badan untuk mengambil koin yang dilempar tersebut. 3)Dampak
pembelajaran tradisional engklek dalam mengembangkan motorik kasar anak pada
kelompok A2 ada 3 yakni, Melatih kekuatan otot kaki, melatih kelincahan, dan
melatih keseimbangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs FIRDAH MAULA FATMA SUARI
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:51
Last Modified: 06 Jul 2023 03:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24994

Actions (login required)

View Item View Item