Wibisono, Anisa Lusiane (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI BARIS DAN DERET ARITMATIKA BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY KELAS VIII MTS NEGERI 1 JEMBER DITINJAU DARI TAHAPAN NEWMAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI - Anisa Lusiane Wibisono (T20197052).pdf Download (9MB) |
Abstract
Kata Kunci: kesalahan siswa, soal cerita matematika, tahapan Newman, tipe
kepribadian Keirsey
Matematika merupakan suatu ilmu yang bersifat menyeluruh dan
mempunyai andil yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Pada pembelajaran
matematika, siswa sering dihadapkan dengan masalah matematika yang menuntut
siswa untuk mampu menyelesaikannya. Penyelesaian masalah dalam soal cerita
mengharapkan siswa untuk memecahkan secara runtut melalui langkah demi
langkah. Hal itulah yang mengakibatkan siswa merasa kesulitan dalam
menyelesaikan soal cerita dan berujung membuat kesalahan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana kesalahan yang
terjadi dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi baris dan deret
aritmatika pada tipe kepribadian guardian, artisan, rasional dan idealis ditinjau
dari tahapan Newman siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Jember.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan yang terjadi
dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi baris dan deret aritmatika
pada tipe kepribadian guardian, artisan, rasional dan idealis ditinjau dari tahapan
Newman siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Jember.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif deskriptif. Subjek yang dipilih yaitu sebanyak 8 siswa dengan rincian 2
siswa kepribadian guardian, 2 siswa kepribadian artisan, 2 siswa kepribadian
rasional dan 2 siswa kepribadian idealis. Peneliti menggunakan teknik
pengumpulan data berupa tes tipe kepribadian Keirsey, tes soal cerita, wawancara,
dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan
data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk
memastikan keabsahan data yang diperoleh dari penelitian ini, peneliti
menggunakan triangulasi teknik dengan membandingkan hasil penyelesaian tes
soal cerita, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun hasil dari penelitian ini, 1) siswa dengan tipe kepribadian guardian
cenderung mengalami kesalahan pada dua tahapan yakni kesalahan pada tahap
transformasi dan kesalahan menuliskan jawaban akhir; 2) siswa dengan tipe
kepribadian artisan cenderung mengalami kesalahan pada empat tahapan yakni
kesalahan pada tahap membaca soal, kesalahan memahami soal, kesalahan
transformasi, dan kesalahan menuliskan jawaban akhir; 3) siswa dengan tipe
kepribadian rasional cenderung mengalami kesalahan pada satu tahapan yakni
kesalahan pada tahap transformasi; 4) siswa dengan tipe kepribadian idealis
cenderung mengalami kesalahan pada dua tahapan yakni kesalahan pada tahap
keterampilan proses dan kesalahan menuliskan jawaban akhir. Menurut hasil
tersebut, siswa dengan tipe kepribadian rasional paling sedikit melakukan
kesalahan yakni kesalahan pada tahap transformasi saja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Depositing User: | Anisa Lusiane Wibisono |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 02:52 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 02:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25156 |
Actions (login required)
View Item |