Pemasaran Tabungan Hari Raya Idul Fitri Dalam Meningkatkan Jumlah Dana Pihak Ketiga DI BMT UGT Sidogiri Capem Kaliwates

Fayunila, Alfina (2023) Pemasaran Tabungan Hari Raya Idul Fitri Dalam Meningkatkan Jumlah Dana Pihak Ketiga DI BMT UGT Sidogiri Capem Kaliwates. Undergraduate thesis, UIN Khas Kyai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi fina watermax.pdf

Download (2MB)

Abstract

Alfina Fayunila, Isnadi,S.S,M.Pd, 2023: Pemasaran Tabungan Hari Raya Idul
Fitri Dalam Meningkatkan Jumlah Dana Pihak Ketiga di BMT UGT
Sidogiri Capem Kaliwates Jember.
Pemasaran merupakan ujung tombak bagi seluruh bidang usaha profit baik
barang atau jasa. Grafik perkembangannya sangat bergantung pada kuat tidaknya
dalam pemasaran. Maka memerlukan strategi-strategi dalam menguasai pasar
yang sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen agar produknya dapat terjual,
sehingga jumlah konsumen dapat meningkat secara signifikan. Semacam
kebutuhan persiapan keuangan untuk menghadapi perayaan hari raya Idul Fitri. Di
sini peneliti ingin meneliti penerapan strategi pemasaran BMT UGT Sidogiri
Capem Kaliwates dalam meningkatkan jumlah nasabah melalui pemasaran produk
Tabungan Hari Raya Idul Fitri.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi
pemasaran produk tabugan hari raya Idul Fitri dalam meningkatkan jumlah DPK
di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kaliwates Jember? (2) Apa saja faktor-
faktor yang mempengaruhi DPK melalui Produk Tabungan hari raya Idul Fitri di
BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kaliwates Jember?
Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui strategi pemasaran tabungan hari
raya Idul Fitri dalam meningkatkan jumlah DPK di BMT UGT Sidogiri Capem
Kaliwates Jember. (2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi DPK
melalui produk tabungan hari raya Idul Fitri di BMT UGT Sidogiri Capem
KaliwatesJember.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan
subyek peneliti menggunakan teknik purposive, sedang metode pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis
data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan
trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Kesimpulan dari penelitian ini yakni: (1) Menggunakan strategi 4P.
pertama, strategi produk yang menarik dengan jumlah menabung yang murah
yaitu setiap hari hanya menyetor Rp. 1.000,-. Kedua, strategi harga, dengan
nominal kecil namun bagi hasil yang menguntungkan dengan menggunakan akad
wadhiah yad dhamanah dan mudharabah. Ketiga, Strategi promosi, melalui
sosialisasi, maupun mengunjungi nasabah secara langsung. Terakhir, Strategi
tempat, dalam hal ini BMT UGT Capem Kaliwates memiliki tempat yang
strategis dan mempunyai banyak peluang pasar serta memberikan jaminan
keamanan kepada nasabah dalam melakukan transaksi. (2) Faktor yang
mempengaruhi peningkatan DPK. Pertama, produk ini membantu bagi nasabah
ketika menjelang hari raya Idul Fitri. Kedua, faktor lingkungan. Kebiasaan di
pasar dicetak supaya gemar menabung. Ketiga, faktor pengetahuan konsumen
tentang produk tabungan ini, dapat melalui custumer to custumer, antar teman,
tetangga, atau bidang pemasaran.
Kata kunci: Strategi pemasaran, DPK, Tabungan Idul Fitri. BMT UGT Sidogiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Alfina Fayunila
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:47
Last Modified: 06 Jul 2023 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25370

Actions (login required)

View Item View Item