AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN MASJID BAITUL MUTTAQIN DUSUN SELOAGUNG KECAMATAN SILIRAGUNG.

Afkarina Izza, Sahila (2023) AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN MASJID BAITUL MUTTAQIN DUSUN SELOAGUNG KECAMATAN SILIRAGUNG. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sahila Izza E20193012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sahila Izza Afkarina, 2023:Akuntabilitas Dan Transparansi Laporan Keuangan Masjid Baitul Muttaqin Dusun Seloagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi.
Kata Kunci: Akuntabilitas, Transparansi, Laporan Keuangan, Masjid
Masjid merupakan enitas yang bertujuan tidak mencari laba, sehingga pertanggungjawaban keuangan menjadi aspek penting bagi masjid. Untuk mendapatkan pertanggungjawaban yang baik dan dapat terwujud dengan melakukan penyajian laporan keuangan masjid yang sesuai dengan standar akuntansi, standar yang mengatur tentang pelaporan keuangan entitas non laba adalah Interprestasi Standar Akuntansi Keuangan No.35 (ISAK 35). Laporan keuangan masjid adalah bentuk penerapan prinsip keterbukaan dan Akuntabilitas kepada masyarakat.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Laporan Keuangan di Masjid Baitul Muttaqin Dusun Seloagung? 2) Bagaimana penerapan transparansi pengelolaan keuangan di Masjid Baitul Muttaqin Dusun Seloagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi? 3) Bagaimana Akuntabilitas pengelolaan keuangan di Masjid Baitul Muttaqin Dusun Seloagung?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Laporam Keuangan di Masjid Baitul Muttaqin Dusun Seloagung, apakah sudah sesuai dengan ISAK NO. 35. 2) Untuk mengetahui penerapan transparansi pengelolaan keuangan di Masjid Baitul Muttaqin Dusun Seloagung Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. 3) mengetahui Akuntabilitas pengelolaan keuangan di Masjid Baitul Muttaqin Dusun Seloagung.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif menggunakan paradigma interpretif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dokumentasi, wawancara dan observasi. Peneliti ini menggunakan teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber. Analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150199 Accounting, Auditing and Accountability not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Nama Sahila Izza Afkarina
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:17
Last Modified: 07 Jul 2023 03:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25394

Actions (login required)

View Item View Item