PENGENALAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODEBERNYANYI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN KELOMPOK A PENDIDIKAN ANAK USIA DINI POS JAMBU 18 CURAHKATES AJUNG KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023

Uin Khas Jember, Miranda Jayanti Salsabila (2023) PENGENALAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODEBERNYANYI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN KELOMPOK A PENDIDIKAN ANAK USIA DINI POS JAMBU 18 CURAHKATES AJUNG KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MIRANDA SELESAI REVISI SIDANG_WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Miranda Jayanti Salsabila, 2023 : Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode Bernyanyi Dengan Menggunakan Media Flashcard Pada Anak Usia 3-4 Tahun di Kelompok A Pos Paud Jambu 18 Curahkates Ajung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Huruf Hijaiyah, Metode Bernyanyi dan Media Flashcard
Pengenalan huruf hijaiyah sebagai pembelajaran dinilai lebih efektif dan mampu diterima oleh anak karena merupakan contoh pembelajaran yang kongkret. Metode bernyanyi dianggap tepat sebagai metode untuk mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak usia dini karena bernyanyi mengajarkan kepada anak kecerdasan musikal, interpersonal dan intrapersonal. Kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak dengan metode yang digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dalam media flashcard, yaitu menggunakan media flashcard pada anak usia 3-4 tahun dengan harapan dapat meningkatkan daya ingat anak ketika mengenal huruf hijaiyah dengan harakat yang benar.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pengenalan huruf hijaiyah yang di terapkan melalui bernyanyi di kelompok A Pos Paud Jambu 18 Curahkates Ajung Kabupaten Jember. 2) Bagaimana langkah-langkah anak usia dini dalam mengenal huruf hijaiyah dengan media flashcard di kelompok A Pos PAUD Jambu 18 Curahkates Ajung Kabupaten Jember.
Tujuan penelitian : 1) Mendeskripsikan pengenalan huruf hijaiyah melalui metode bernyanyi, 2) Mendeskripsikan langkah-langkah anak usia dini dalam mengenal huruf hijaiyah dengan menggunakan media flashcard di kelompok A Pos PAUD Jambu 18 Curahkates Ajung Kabupaten Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis datanya peneliti menggunakan teori menurut Miles dan Huberman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: 1) Mengenalkan huruf hijaiyah dengan suara dan pelafalan menggunakan alat bantu seperti flashcard dan memberikan contoh satu lagu huruf hijaiyah, memilih nada yang mudah dipahami oleh siswa dan mendemonstrasikan secara bersama-sama. 2) Langkah-langkah yang dapat digunakan adalah menyiapkan media flashcard, memperkenalkan media flashcard, menyebutkan huruf hijaiyah dengan menggunakan media flashcard, serta mendemonstrasikan pengenalan huruf hijaiyah melalui metode bernyanyi dan media flashcard.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200303 English as a Second Language
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200314 South-East Asian Languages (excl. Indonesian)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200399 Language Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miranda Jayanti Salsabila Miranda Jayanti Salsabila
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:10
Last Modified: 07 Jul 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25511

Actions (login required)

View Item View Item