Digitalisasi Layanan Administrasi di MTs Negeri Kota Probolinggo.

Holik, Zulfa Istinwaro (2023) Digitalisasi Layanan Administrasi di MTs Negeri Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Zulfa Istinwaro Holik_ T20193101.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Zulfa Istinwaro Holik, 2023, Digitalisasi Layanan Administrasi di MTs Negeri Kota Probolinggo.
Kata Kunci: Teknologi, Digitalisasi, Layanan Administrasi

Digitalisasi layanan Administrasi sangat dibutuhkan serta penting dilaksanakan guna membantu sekolah dan peserta didik dalam menghadapi perkembangan teknologi digital. Perkembangan teknologi informasi mencakup berbagai aspek kehidupan manusia dan berjalan cepat. Salah satu bidang yang perlu dijangkau oleh perkembangan teknologi informasi adalah bidang layanan administrasi di sekolah.
Penelitian ini mempunyai dua fokus penelitian, yaitu: (1) Bagaimana digitalisasi layanan administrasi kurikulum di MTs Negeri Kota Probolinggo? (2) Bagaimana digitalisasi layanan administrasi kesiswaan di MTs Negeri Kota Probolinggo?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan digitalisasi layanan administrasi kurikulum di MTs Negeri Kota Probolinggo. (2) Untuk mendeskripsikan digitalisasi layanan administrasi kesiswaan di MTs Negeri Kota Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang di gunakan adalah: teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Penggunaan digitalisasi di MTs Negeri Kota Probolinggo telah dimulai sejak tahun pelajaran 2015/2016 dengan perencanaan yang telah disepakati dengan persiapan media digital yang dibutuhkan oleh MTs Negeri Kota Probolinggo, Beberapa aplikasi yang dipergunakan sebagai penggerak berjalannya layanan kurikulum, MTs Negeri Kota Probolinggo menggunakan aplikasi berbasis website antara lain yakni E-Learning Madrasah dan Raport Digital Madrasah. 2) Penggunaan digitalisasi layanan administrasi kesiswaan di MTs Negeri Kota Probolinggo memiliki Portal Website dan aplikasi PPDB Online, dari segi penggunaan teknologi digital berjalan dengan baik. Penggunaan media digital sangat efektif untuk digunakan dalam pekerjaan, apalagi dalam layanan administrasi pendidikan, hal ini meringankan dan memudahkan pengguna dalam melakukan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0899 Other Information and Computing Sciences > 089999 Information and Computing Sciences not elsewhere classified
Depositing User: Me Zulfa istinwaro Holik
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:30
Last Modified: 13 Jul 2023 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25524

Actions (login required)

View Item View Item