STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA DI ALUN-ALUN BONDOWOSO

Ahmad Faisal, Musthofa (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA DI ALUN-ALUN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI FAISAL watermax.pdf

Download (885kB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Faisal Musthofa, 2023: Strategi Pengembangan Bisnis Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Alun-Alun Bondowoso.
Dalam kamus bahasa Indonesia kata “pengembangan” secara etimologi yaitu proses atau cara, perbuatan mengembangkan. Secara istilah kata pengembangan menunjukkan pada suatu kegiatan menghasilkan suatu alat atau cara yang baru. Bisnis merupakan kata yang populer dalam kehidupan sehari-hari. Setiap harinya jutaan umat manusia melakukan kegiatan bisnis ada yang sebagai produsen, distributor maupun maupun konsumen. Pendapatan adalah total penerimaan yang dimiliki suatu unit usaha yang diperoleh dari hasil penjualan output. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia arti dari pendapatan adalah hasil kerja usaha dan sebagainya yang digunakan untuk kebutuhan makan, tempat tinggal, pajak dan sebagainya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skipsi ini adalah (1) Bagaimana strategi bisnis pedagang kaki lima di Alun-Alun Bondowoso? (2) Apa saja faktor yang menghambat pedagang kaki lima di Alun-Alun Bondowoso dalam mengembangkan bisnis untuk meningkatkan pendapatan? (3) Bagaimana strategi pengembangan bisnis dalam meningkatkan pendapatan pada Pedagang kaki Lima di Alun-alun Bondowoso?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi bisnis pedagang kaki lima di Alun-Alun Bondowoso. (2) Untuk mengetahui faktor yang menghambat pedagang kaki lima di Alun-Alun Bondowoso dalam mengembangkan bisnis untuk meningkatkan pendapatan. (3) Untuk mengetahui strategi pengembangan bisnis dalam meningkatkan pendapatan pada Pedagang kaki Lima di Alun-alun Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan Pendekatan penelitian kualitatif dengan bersifat dekriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian yakni di Alun-alun Raden Bagus Asra (RBA) Ki Ronggo Bondowoso.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Strategi yang digunakan oleh pedagang kaki lima di Alun-alun Bondowoso yaitu kebanyakan mengutamakan kualitas, baik barang, rasa, tempat serta pelayanan kepada konsumennya. Sedangkan dalam segi harga yang dijual oleh penjual masih bisa dijangkau oleh masyarakat dikarenakan sebagian besar masyarakat Bondowoso mempunyai penghasilan menengah kebawah. (2) Faktor penghambat Pedagang Kaki Lima yaitu sebagian besar Pedagang Kaki Lima di Alun-alun Bondowoso mengatakan untuk faktor penghambatnya adalah faktor cuaca yang tidak bisa diprediksi. (3) Strategi pengembangan yang digunakan oleh Pedagang Kaki Lima di Alun-alun Bondowoso yaitu: Menjual produk terbaru yang banyak diminati oleh masyarakat dan memanfaatkan lokasi Alun-alun.
Kata Kunci : Pengembangan Bisnis, Pedagang Kaki Lima, Alun-alun Bondowoso.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengembangan Bisnis, Pedagang Kaki Lima, Alun-alun Bondowoso.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140303 Economic Models and Forecasting
Depositing User: Mr Ahmad Faisal Musthofa
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:52
Last Modified: 12 Jul 2023 03:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25540

Actions (login required)

View Item View Item