Hanik, Umi (0014) Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam:Refleksi di Sekolan Menengah Pertama Negeri 1 Tanggul. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SEKRIPSI REVISI umi hanik.pdf Download (2MB) |
Abstract
Umi Hanik, 2023: Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam: Refleksi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1
Tanggul.
Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,
Refleksi Pembelajaran.
Penelitian tentang penggunaan metode Inkuiri pata mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam memang sudah banyak dilakukan namum masih sedikit
yang membahas penggunaan metode inkuiri terbimbing, selain itu juga masih
jarang yang mengaitkan dengan refleksi pembelajaran pada saat penggunaan
metode tersebut. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana penerapan
metode inkuiri terbimbing pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
kemudian dilakukan refleksi pembelajaran.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana proses penerapan metode inkuiri
terbimbing pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 1 Tanggul?. 2) Bagaimana Refleksi guru Pendidikan Agama
Islam menggunakan metode inkuiri terbimbing pada pembelajaran Pendidikan
Agama Islam?.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mendeskripsikan metode
pembelajaran inkuiri terbimbing diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanggul. 2) Refleksi guru
Pendidikan Agama Islam menggunakan metode inkuiri terbimbing pada
pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekata kualitatif
studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu
analisis kualitatif Miles dan Huberman. Sedangkan untuk uji keabsahan data yang
diperoleh, peneliti menggnakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian yaitu: 1) Penerapan metode inkuiri terbimbing pada
mata Pelajaran PAI ada tiga tahapan antara lain: perencanaan dengan guru
menyiapkan silabus, RPP, media pembelajaran, dan LKPD, pelaksanaan
pembelajan meliputi kegiatan pembukan dilakukan oleh guru, kegiatan inti peserta
didik diberi bimbingan oleh guru, diskusi kelompok, membuat peta konsep dan
presentasi, kegiatan penutup peserta didik merangkum hasil belajar sesuai bahasa
masing-masing, evaluasi guru menggunakan tes subjektif bentuk tes menulis hasil
belajar dalam uraian kata-kata. 2) Refleksi guru PAI menggunakan metode inkuiri
terbimbing pada mata pelajaran PAI bahwasannya peneliti menggunakan teori
Gibbs, menunjukkan hasil bahwasannya penggunaan metode ini membuat guru
lebih senang karena peserta didik yang aktif dalam kegiatan pembelajaran, akan
tetapi pembahasan materi yang melebar membuat peserta didik menjadi sedikit
bingung, serta kesetaraan gender dalam pembagian kelompok membuat peserta
didik agak canggung untuk berdiskusi bersama. Jadi kedepannya penggunanaan
metode inkuiri terbimbing harus lebih terkonsep lagi terutama pada pembahasan
materi serta saat pembagian kelompok lebih diperhatikan agar apa yang menjadi
tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Hanik Umi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:15 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25562 |
Actions (login required)
View Item |