Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet Materi Sistem Pertahanan Tubuh Manusia Untuk Kelas XI IPS Di SMA BIMA Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Wahyuni, Dian Ika (2023) Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet Materi Sistem Pertahanan Tubuh Manusia Untuk Kelas XI IPS Di SMA BIMA Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Dian-Skripsi fiks BARU1.pdf

Download (10MB)

Abstract

Hasil wawancara dengan guru biologi SMA BIMA Ambulu Jember
menyatakan bahwa proses pembelajaran Biologi di kelas XI IPS guru hanya
menggunakan LKS/LKPD sebagai sumber belajar utama, sedangkan untuk kelas
XI IPA sumber belajar yang digunakan adalah Buku Siswa atau Buku Paket dan
LKS/LKPD, sedangkan capaian belajar yang harus dicapai sama walaupun
terdapat perbedaan sumber belajar yang digunakan. Adapun hambatan lain selain
dari sumber belajar adalah siswa kelas XI IPS sering merasa bosan saat proses
pembelajaran biologi berlangsung. Hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan
metode ceramah saat menyampaikan materi dan siswa kelas XI IPS kurang
berminat dengan mata pelajaran biologi karena bukan rumpun jurusannya.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kevalidan media
pembelajaran E-Booklet materi sistem pertahanan tubuh. 2) Untuk
mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran E-Booklet materi
sistem pertahanan tubuh. 3) Untuk mendeskripsikan keefektifan media
pembelajaran E-Booklet materi sistem pertahanan tubuh.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model
pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan
yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA BIMA Ambulu Jember.
Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket, lembar wawancara, dan
lembar pretest-posttest.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil validasi ahli materi
memperoleh presentase rata-rata sebesar 90% dengan kriteria sangat valid,
validasi ahli media sebesar 90% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli bahasa
memperoleh presentase sebesar 96% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli
evaluasi sebesar 90% dengan kriteria sangat valid serta validasi guru biologi
memperoleh presentase sebesar 94% dengan kategori sangat valid. 2) Presentase
rata-rata respon siswa sebesar 87% dengan kategori sangat baik. 3) Hasil uji t
menggunakan Paired Sample T-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar
0,00<0,05 , artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah
penggunaan E-Booklet dan nilai N-Gain sebesar 0,65<0,70 yang artinya terdapat
peningkatan yang sedang atau efektif antara sebelum dan sesudah menggunakan
E-Booklet. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-Booklet
materi sistem pertahanan tubuh efektif digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Dian Ika Wahyuni
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:17
Last Modified: 07 Jul 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25582

Actions (login required)

View Item View Item