Peran Zakat Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) Untuk Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Bangsalsari Jember (Studi Empiris Pada BAZNAS Kabupaten Jember)

Azhara izzulhaq, Yoma (2023) Peran Zakat Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) Untuk Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Bangsalsari Jember (Studi Empiris Pada BAZNAS Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI YOMA WATERMARK UIN JEMBER.pdf

Download (2MB)

Abstract

Zakat merupakan sebuah instrumen penghambaan seorang umat muslim kepada tuhannya (Allah SWT) zakat juga merupakan instrumen pembangunan yang dapat mengoptimalkan kesejahteraan umat bagi muzaki ataupun mustahiq, yang berhubungan langsung dengan sektor ekonomi umat dan berdampak sosial bagi masyarakat. Zakat mempunyai tujuan untuk dapat bisa meningkatkan kesejahteraan dan dapat memberikan keadilan bagi para mustahiq, sementara disisi yang lain Sustainable Development Goals (SDGs) adalah platform global yang dibentuk oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mempunyai tujuan untuk menurunkan kemiskinan dan semua turunan persoalan yang ada. Dan peran zakat dalam meningkatkan pendapatan masyarakat (mustahiq) yakni untuk mencapai kesejahteraan umat, maka dari itu untuk mendistribusikan dana filantropi maka dibutuhkannya lembaga atau Badan Amil Zakat Nasional.
Fokus penelitian yang di teliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana peran zakat dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Bangsalsari Jember? 2. Apa saja kendala BAZNAS Jember dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Bangsalsari Jember?
Tujuan dari penelitian ini untuk: 1. Untuk mendeskripsikan peran zakat dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Bangsalsari Jember. 2. Untuk mendeskripsikan kendala BAZNAS Jember dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Bangsalsari Jember.
Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif partisipatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokuemntasi. Adapun analisis data skripsi ini menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Peran dana zakat produktif ini sangat berdampak baik bagi warga yang mendapat bantuan pengalaman di kampung SDGs Sukorejo Bangsalsari jember beliau adalah sosok kepala rumah tangga yang menjadi tulung punggung keluarga yang pekerjaan awalnya hanya petani atau buruh yang bekerja di lahanya orang yang membabat sawah miliknya orang lain namun dengan adanya program BAZNAS Jember berupa budidaya ikan lele mulai terbantu dan lebih produktif dalam meningkatkan pendapatannya. 2. Kendala yang dialami BAZNAS Jember dalam meningkatkan program SDGs ini yaitu, pertama tidak maksimalnya koordinasi yang dilakukan kepada beberapa pihak sehingga menjadi bagian utama untuk proses berjalannya suatu program SDGS ini, kedua terbatasnya sumber dana yang dimiliki oleh BAZNAS Jember, ketiga terbatasnya sumber daya manusia yang dimiliki mulai dari keterampilan dan pengelolaan, sejauh ini masih belum berjalan dengan baik terkait peningkatan yang menjadi titik fokus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Yoma Azhara izzulhaq
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:58
Last Modified: 10 Jul 2023 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25585

Actions (login required)

View Item View Item